17 Feb 2024

Jemput Bola Percepatan Pengadaan Barang dan Jasa, Biro PBJ Audiensi Langsung ke Perangkat Daerah

 

MAMUJU--Setelah sebelumnya, Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sulbar melakukan kegiatan Pendampingan Penginputan Rencana Umum Pengadaan (RUP) di Aplikasi SIRUP selama lima hari, mulai dari tanggal 8 hingga 12 Januari 2024, Biro PBJ kembali mengambil langkah proaktif dengan melakukan audiensi langsung ke perangkat daerah pada tanggal 15-16 Februari 2024.

 

Langkah ini merupakan bagian dari upaya percepatan pengadaan barang dan jasa. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang mungkin muncul dalam proses penginputan dan pengumuman RUP melalui aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

 

Biro PBJ membentuk lima tim yang disebar ke 21 Perangkat Daerah dengan persentase terendah dalam penginputan atau pengumuman RUP di SIRUP. Tujuan utama dari audiensi ini adalah untuk secara langsung mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh perangkat daerah dalam proses penginputan dan pengumuman paket pengadaan barang dan jasa. Dengan demikian, diharapkan dapat ditemukan solusi-solusi konkret untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dan mempercepat proses pengadaan barang dan jasa.

 

Menurut Plt. Kepala Biro PBJ Setda Sulbar, Muhtar langkah itu merupakan bagian dari komitmen untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses pengadaan barang dan jasa di tingkat daerah. 

 

"Kami percaya bahwa dengan mendengarkan secara langsung masukan dari perangkat daerah, kami dapat bekerjasama untuk menemukan solusi-solusi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan proses pengadaan," kata Muhtar.

 

Audiensi ini diharapkan akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan-tantangan yang dihadapi oleh perangkat daerah dalam mengelola pengadaan barang dan jasa serta membuka jalan bagi kerja sama yang lebih erat antara Biro PBJ dengan perangkat daerah dalam mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan di Sulbar. (rls)

Read 196 times
(0 votes)