17 Feb 2024

Selangkah Lagi Biro PBJ Sulbar Capai Level Kematangan Organisasi Proaktif

 

MAMUJU--Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sulbar mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan kematangan organisasi dengan menggelar rapat internal bersama tim kerja, Selasa 13 Februari 2024.

 

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Kepala Biro PBJ dipimpin Kepala Bagian Pengelolaan Barang dan Jasa M. Yamin Saleh, dihadiri seluruh anggota tim kerja. 

 

Rapat bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan capaian tingkat kematangan organisasi dalam proses pengadaan barang dan jasa.

 

Tingkat kematangan organisasi merupakan instrumen pengukuran dalam melaksanakan pengelolaan kelembagaan Biro PBJ yang menggambarkan kapabilitas Biro PBJ dan menjadi acuan dalam upaya pengembangan/penguatan kelembagaan menuju pusat keunggulan pengadaan barang/jasa.

 

Pada sesi diskusi membahas domain proses, Variabel Manajemen Pengadaan belum mencapai level 3 (proaktif) dikarenakan kurangnya bukti dukung SOP Persiapan Pengadaan, SOP Pemilihan, SOP Perencanaan, SOP Pelaksanaan Kontrak dan SOP Terintegrasi.

 

Sampai dengan Februari 2024, Biro PBJ telah mencapai 8 dari 9 variabel untuk level 3 (proaktif). Adapun langkah yang diambil yaitu dengan mengajukan Surat Usulan Program Pembentukan Peraturan Kepala Daerah (Propemperkada) yang telah disampaikan ke Biro Hukum Setda Sulbar sebagai upaya pencapaian tingkat kematangan organisasi 9/9 untuk level 3 (proaktif) pada triwulan kedua tahun 2024.

 

Kepala Bagian Pengelolaan Barang dan Jasa Biro PBJ Setda Sulbar, M. Yamin Saleh mengatakan, rapat internal itu merupakan wujud komitmen Biro PBJ untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat Sulbar. 

 

"Dengan mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan internal, kami yakin dapat mencapai tingkat kematangan organisasi yang lebih tinggi, sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan daerah ini," ucapnya.

 

Rapat ini diharapkan dapat menjadi langkah yang signifikan dalam perjalanan Biro PBJ Setda Sulbar menuju puncak kematangan organisasi, serta memperkuat posisi dalam mendukung pembangunan dan kemajuan wilayah Sulbar secara keseluruhan. (rls)

Read 203 times
(0 votes)