17 Feb 2024

Desk Pembahasan Penyempurnaan Ranwal Renja 2025 Lahirkan Enam Poin Kesepakatan

 

MAKASSAR--Dalam sinkronisasi dan keselarasan rencana program dan kegiatan urusan perencanaan pembangunan, riset dan inovasi daerah provinsi dan kabupaten tahun 2025, Bapperida Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengadakan desk pembahasan bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Se-Sulbar di Ballroom Hotel Novotel Makassar, Kamis (15/2/2024).

 

Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana mengatakan, mekanisme pembahasan dalam Forum Bapperida dibagi ke dalam 5 (lima) desk.

 

“Desk dibagi sesuai bidang pembahasan, yaitu Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD), Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam (PSDA), Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPM), Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan (IfWil), dan Bidang Riset dan Inovasi Daerah (RiDa), “ sebut Junda.

 

Junda menyampaikan, keluaran dari forum itu dituangkan dalam berita acara.

 

“Outputnya nanti berupa berita acara hasil pembahasan dan kesepakatan yang ditandatangani bersama Kepala Bappeda masing – masing kabupaten,” ungkap Junda.

 

Bertindak sebagai moderator, Sekretaris Bapperida Sulbar, Muh. Darwis Damir menyampaikan fokus pembahasan desk diarahkan pada penanganan 4+1, yang selanjutnya dibahas secara mendalam melalui sharing session di forum yang lebih besar, dengan melibatkan unsur pimpinan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Perangkat Daerah teknis masing – masing instansi pada Jumat (16/2/2024).

 

Adapun berita acara tersebut memuat 6 (enam) poin kesepakatan sebagai berikut:

1. Target Indikator Kinerja Makro Pembangunan Daerah Tahun 2025, serta Dukungan Program/Kegatan Prioritas baik dari Provinsi maupun Kabupaten.

2. Target Indikator Kinerja Makro Pembangunan Daerah Tahun 2025 yang disepakati Bersama akan digunakan sebagai dasar penentuan dan/atau penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi dan Kabupaten Tahun 2024.

3. Dalam rangka pencapaian Target Indikator Kinerja Makro Pembangunan Daerah Tahun 2025 tersebut, akan diupayakan melalui dukungan Program/Kegiatan Prioritas sesuai dengan kewenangan masing-masing.

4. Tanggapan dan Hasil Pembahasan terhadap Isu Strategis pada masing-masing Desk Bidang Pembahasan yang termuat dalam lampiran.

5. Hasil Pembahasan terhadap Isu Strategis pada masing-masing Desk Bidang Pembahasan akan ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan masing-masing.

6. Berita acara ini beserta lampirannya merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari berita acara hasil pelaksanaan Forum Bapperida Tahun 2024, sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal rencana kerja Bapperida Tahun 2025. (rls)

Read 495 times
(0 votes)