06 Feb 2024

Jelang Pemilihan 14 Februari 2024, Badan Kesbangpol Sulbar disambangi Komisi I DPRD Mamuju Tengah

 

MAMUJU -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Barat (Sulbar) menerima Kunjungan Kerja Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Mamuju Tengah, Selasa 6 Februari 2024.

 

Pertemuan dilaksanakan di Kantor Badan Kesbangpol Sulbar. Kedatangan Rombongan Komisi I DPRD Mamuju Tengah disambut Plt. Kepala Badan Kesbangpol Sulbar Muhammad Yusuf Tahir didampingi Kabid. Kewaspadaan Nasional Audy Murfi Syarifuddin, Kabid. Politik Dalam Negeri Nur Milu dan Kabid. Ketahanan Seni Budaya Agama dan Kemasyarakatan Sunusi.

 

Dalam kunjungan tersebut, Komisi I DPRD yang dipimpin Ketua Komisi I Hasanuddin Sailong, didampingi anggota komisi lainnya, bertemu dengan Plt. Kepala Badan Kesbangpol Muhammad Yusuf Tahir, beserta jajarannya. Diskusi yang berlangsung penuh keakraban dan kebersamaan ini membahas berbagai strategi dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu 2024 di Mamuju Tengah.

 

Ketua Komisi I DPRD Mamuju Tengah Hasanuddin Sailong menyampaikan terima kasih atas sambutan dan penerimaan dalam pelaksanaan kunjungan kerja tersebut. 

 

Dalam pertemuan itu, Komisi I DPRD Mamuju Tengah, yang fokus pada urusan pemerintahan dan dalam hal ini Pemilu, menyuarakan komitmennya untuk mendukung setiap langkah yang diambil pemerintah dalam hal Badan Kesbangpol bekerjasama dengan Aparat Keamanan TNI/Polri dalam menjaga stabilitas keamanan dan kesuksesan Pemilu 2024.

 

Ketua Komisi I DPRD Mamuju Tengah menyatakan Komisi I DPRD berkomitmen untuk bekerjasama dengan semua pihak terkait, termasuk Badan Kesbangpol, untuk memastikan proses Pemilu berlangsung dengan aman dan damai di wilayah Mamuju Tengah. 

 

"Kami berharap Pemilu 2024 berlangsung dengan damai, tertib, dan adil serta tingkat partisipasi masyarakat dapat meningkat khususnya di Mamuju Tengah," kata Hasanuddin.

 

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Sulbar, Muhammad Yusuf Tahir manyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan kerja ke Badan Kesbangpol Sulbar.

 

Dalam pelaksanaan dialog dengan Ketua Komisi I DPRD Mamuju Tengah beserta rombongan, Muhammad Yusuf Tahir menyampaikan Pemilu serentak 2024 menjadi momentum penting bagi demokrasi di Indonesia. Dalam konteks ini, peran pemerintah daerah menjadi kunci utama dalam menjaga stabilitas keamanan selama pelaksanaan proses demokrasi ini.

 

Sebagai bagian dari upaya memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan aman, Pemerintah Provinsi Sulbar dalam hal ini Badan Kesbangpol telah membentuk Tim Desk Pemilukada 2024 sebagai wadah untuk mengkoordinasikan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

 

"Selanjutnya, melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2023-2024, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah, hingga memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan-permasalahan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah," ungkap Muhammad Yusuf Tahir.

 

Termasuk, melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan serta pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah secara berjenjang kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulbar.

 

Muhammad Yusuf Tahir menambahkan, sebelum pelaksanaan Pemilihan 14 Februari 2024 Pemerintah Provinsi Sulbar akan menggelar do'a bersama dengan melibatkan unsur Forkopimda provinsi dan stakeholder terkait serta penyelenggara Pemilu baik KPU dan Bawaslu provinsi dan kabupaten, tokoh lintas agama dan peserta Pemilu, yang bertujuan agar pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 ini dapat berjalan dengan aman terkendali sebagaimana diharapkan bersama.

 

"Mari jadikan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang demokratis, aman dan mencerahkan," tutup Muhammad Yusuf Tahir. (rls)

Read 554 times
(0 votes)