06 Feb 2024

Hadirkan Perwakilan Kabupaten Se-Sulbar, Bapperida Bahas Persiapan Forum Tahunan untuk 2024

 

MAMUJU--Dalam rangka sinkronisasi program kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) dengan Pemerintah Kabupaten Se-Sulbar di Bidang Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Tahun 2025, Bapperida Sulbar mengadakan pertemuan Pra-Forum Bapperida Tahun 2024 di Ruang Rapat RKPD Kantor Bapperida Sulbar, Senin (5/2/2024).

 

Dengan mengundang masing - masing perwakilan kabupaten Se-Sulbar, Sekretaris Bapperida Sulbar, Muh. Darwis Damir menyampaikan tujuan Forum Bapperida sebagai bentuk proses perencanaan partisipatif dan bottom up dalam perumusan program dan kegiatan Bapperida Sulbar Tahun 2025.

 

“Selain itu, untuk mempertajam rencana kerja dan belanja pembangunan daerah, menyelaraskan program dan kegiatan prioritas provinsi dan kabupaten, serta memperoleh saran, masukan dan harapan dari Bappeda dan Kelitbangan kabupaten,” kata Muh. Darwis Damir, Sekretaris Bapperida Sulbar.

 

Dalam pertemuan itu, Darwis juga memaparkan rencana mekanisme kegiatan serta menyampaikan evaluasi atas tindak lanjut dari kesepakatan hasil forum tahun 2023 lalu.

 

Di akhir paparannya, Ia menyampaikan harapan Kepala Bapperida, Junda Maulana agar Pemerintah Kabupaten dapat bersinergi bersama menyukseskan 8 (delapan) program prioritas Provinsi Sulbar yang dicanangkan oleh Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

 

Sebagai perwakilan pusat di daerah, Bapperida Sulbar juga memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan kebijakan pemerintah pusat mengenai tata kelola riset dan inovasi di daerah.

 

“Dengan adanya Peraturan BRIN Nomor 5 Tahun 2023 tentang Tata Kelola Riset dan Inovasi di Daerah, kita pemerintah provinsi dan kabupaten diamanatkan untuk menyusun Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK di Daerah (RIPJ PID) sesuai ketentuan perundang-undangan,” terang Sekretaris Bapperida Sulbar menutup sesi pertama dalam pertemuan tersebut.

 

Sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi, perwakilan masing – masing kabupaten menyampaikan usulan dan masukan untuk rencana ke depan, yang kemudian ditanggapi oleh Sekretaris dan Pejabat Fungsional (PjF) Perencana Ahli Muda Bapperida Sulbar. Selanjutnya, mereka mengingatkan setiap kabupaten untuk menyampaikan 5 (lima) usulan prioritasnya secara tertulis sebelum pelaksanaan Forum Bapperida.

 

Rencananya Forum Bapperida akan dilaksanakan pada 16 Februari mendatang. Ini disampaikan oleh Pejabat Fungsional (PjF) Perencana Ahli Muda, Putri Anindy di akhir pertemuan.

 

“Baru saja kami disampaikan oleh Kepala Badan bahwa kegiatan ini diminta untuk diparalelkan dengan kegiatan Penilaian PPD yang akan diadakan 15 Februari. Jadi Forum Bapperida sendiri di tanggal 16 Februari, dipercepatnya dari rencana sebelumnya,” ujarnya. (rls)

Read 181 times
(0 votes)