26 Des 2023

Kabid PKH DTPHP Sulbar Resmikan Gedung Pencucian Sarang Burung Walet di Pasangkayu

 

Pasangkayu--Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Sulawesi Barat (Sulbar) Nur Kadar meresmikan Gedung Pencucian Sarang Burung Walet di Kabupaten Pasangkayu, Rabu 20 Desember 2023. Acara itu dihadiri Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pasangkayu, Agus Subekti serta Pengurus Komunitas Pecinta Walet Pasangkayu (Kopewapas). 

 

Dalam acara itu dilakukan penandatanganan serah terima gedung serta sarana prasarana pencucian sarang burung walet dari DTPHP Sulbar kepada Kelompok Tani Kopewapas sebagai pengelola.

 

Tidak hanya itu, peresmian gedung dirangkaikan dengan acara Bimbingan Teknis Pengolahan Hasil Ikutan Ternak yaitu pencucian sarang burung walet hingga Kamis, 21 Desember 2023 bagi calon pekerja sebanyak 20 orang di gedung pencucian tersebut.

 

Di tempat terpisah, Kepala DTPHP Sulbar Muhtar mengatakan, gedung ini merupakan gedung pencucian sarang burung walet pertama di Kabupaten Pasangkayu dan menjadi satu-satunya yang ada di Sulbar saat ini. Pencucian sarang burung walet berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan bulu yang menempel pada sarang yang berwarna coklat atau kotor.

 

Dia menyebutkan, adanya gedung pencucian itu diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pelaku usaha/kelompok/masyarakat peternak serta meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk hasil ikutan ternak khususnya produk sarang burung walet. 

 

"Selama ini pencucian sarang burung walet belum ada di Pasangkayu, sehingga belum mampu memberikan nilai tambah terhadap produk sarang burung walet yang dijual," ucapnya.

 

Sarang Burung Walet merupakan potensi bisnis yang cukup besar dan menjanjikan di Sulbar, khususnya di Kabupaten Pasangkayu. Tercatat ada 1.594 bangunan sarang walet dengan potensi produksi ±9 ton/tahun dengan nilai ekonomis Rp.108 M/tahun. (rls)

Read 645 times
(0 votes)