24 Des 2023

12 Sertifikat Tanah Aset Pemprov Sulbar di Mamasa Akan Terbit di Awal Januari 2024

 

Mamuju--Menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) untuk menertibkan seluruh dokumen Aset Pemprov Sulbar, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Sulbar Syaharuddin telah melakukan koordinasi dengan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Mamasa Muhammad Ridwan terkait percepatan penyelesaian persertifikatan terhadap aset Pemprov Sulbar yang ada di wilayah Mamasa.

 

"Kami sudah melakukan koordinasi terkait aset Pemprov Sulbar khususnya di wilayah Mamasa, sekaligus sudah mendaftarkan untuk segera diterbitkan sertifikatnya,” ujar Syaharuddin, Kepala Dinas Perkim Sulbar saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 22 Desember 2023.

 

Syaharuddin menjelaskan, pendaftaran penerbitan sertifikat tanah aset Pemprov Sulbar untuk wilayah Mamasa sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu, namun untuk menerbitkan suatu sertifikat memang butuh proses.

 

"Sampai saat ini seluruhnya sudah dilakukan pengukuran kembali oleh pihak Pertanahan Mamasa guna mencocokkan dengan dokumen yang lama atau sertifikat pemilik sebelumnya. Pengukuran kembali tersebut adalah salah satu syarat utama penerbitan sertifikat. Selain pengukuran, penandatanganan dokumen pelepasan hak oleh semua pemilik lahan sebelumnya juga sudah dilakukan," terangnya.

 

Dia menyebutkan, ada 12 Aset milik Pemprov Sulbar yang telah didaftarkan untuk penerbitan sertifikatnya yaitu Mes Sulbar yang ada di Aralle, Pasar Aralle, Puskesmas Aralle, Perumahan Dokter Aralle, Kantor UPCDK Dishut, SMA Negeri 1 Rante Bulahan Timur, SMKN 1 Buntu Malangka, SMKN 1 Tandukalua, SMKN Pariwisata, UPTD Samsat, SLB Negeri Baitang dan Balai Benih Ikan Air Tawar.

 

"Kesemuanya akan terbit sertifikatnya di awal Januari 2024," tutupnya. (rls)

Read 353 times
(0 votes)