22 Des 2023

Safari Pengawasan di SMKN 1 Rangas Mamuju, Inspektorat Sulbar Expose Hasil Pemeriksaan Dana BOSP 2023

 

Mamuju--Inspektorat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Safari Pengawasan di SMK Negeri 1 Rangas Kabupaten Mamuju, Sulbar, Kamis, 21 Desember 2023. Kegiatan itu mengusung tema “Bersama Dukung Program Pendidikan untuk Sulawesi Barat Cerdas, Berkualitas dan Maju".

 

Pelaksanaan Expose atas hasil Pemeriksaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) tahun 2023 dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar Mithhar, Ketua Manajemen BOSP Provinsi Sjaifuddin dan 113 Satuan Pendidikan yang terdiri dari SMAN/SMKN/dan SLB dari jumlah keseluruhan 248 Satuan Pendidikan se- Sulbar.

 

Kepala Inspektorat Sulbar, M. Natsir menekankan, dalam Penyusunan RKAS harus memperhatikan kebutuhan yang menjadi prioritas dalam menunjang pelaksanaan peningkatan kualitas pendidikan, agar dapat berpedoman pada komponen belanja yang tercantum pada Permendikbud Riset dan Teknologi RI Nomor 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan Tahun 2023, Pasal 39.

 

"Dalam hal ini Inspektorat Provinsi memiliki kewenangan melakukan pengawasan terhadap dana BOSP, mulai dari perencanaan, penyaluran, penggunaan, pertanggungjawaban, pelaporan dan evaluasi. BOSP diharapkan dapat melakukan sinergitas pengawasan supaya pengawasan BOSP berjalan efektif, efisien, ekonomis dan akuntabel," kata Natsir

 

Pelaksanaan expose itu merupakan suata forum yang bertujuan memberikan kesempatan untuk menyampaikan tanggapan atas pokok-pokok temuan yang akan mengarah pada rekomendasi yang dikeluarkan, dan diharapkan pelaksanaan expose tersebut dapat berjalan dari tahun ketahun sehingga dapat mendeteksi dan meminimalisir resiko secara dini, serta peran Manajemen BOSP Dinas Pendidikan Sulbar agar lebih dioptimalkan dalam melaksanaan evaluasi, pembinaan serta pemantauan secara berkelanjutan kepada seluruh Satuan Pendidikan se-Sulbar.

 

"Dengan adanya kegiatan expose, diharapkan tidak ada lagi perbedaan persepsi dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasan obyek pemeriksaan Dana BOSP, guna peningkatan pelayanan publik serta mewujudkan sinergitas antara aparat Pengawasan Intern Pemerintahan dalam mewujudkan terlaksananya pengawasan Intern Pemerintah yang optimal," ucapnya.

 

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Manajemen BOSP Provinsi Sjaifuddin mengapresiasi expose hasil pengawasan Dana BOSP.

 

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Expose Pengawasan Dana BOSP yang dilaksanakan saat ini oleh Inspektorat Sulbar," kata Sjaifuddin.

 

Pihaknya sangat berharap agar APIP melakukan pembinaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan pertanggungjawaban pengelolaan dana BOSP. (rls)

Read 267 times
(0 votes)