29 Nov 2023

Jawab Tantangan Stunting di Sulbar, Pemprov Launching Si Data Ceting

 

Mamuju--Dalam upaya menjawab tantangan stunting di Sulawesi Barat (Sulbar), Pemerintah Provinsi Sulbar meluncurkan inisiatif terbaru penanganan stunting bertajuk "Si Data Ceting." Peluncuran ini menjadi bagian dari Aksi Perubahan Reformer dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan V Tahun 2023 PPSDM Kemendagri Regional Makassar yang berlangsung di  Graha Sandeq Kompleks Rujab Gubernur Sulbar pada Rabu, 29 November 2023.

 

Hadir dalam acara tersebut, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Kepala Pusat PPSDM Kemendagri Regional Makassar, Sugiarto, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy, Kabid TIK Polda Sulbar, Darwis Rincing, serta sejumlah tamu undangan yang turut menyemarakkan peluncuran ini.

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris pada kesempatan itu menekankan urgensi dari aksi perubahan reformer itu. 

 

"Aksi perubahan ini harus mampu mengatasi permasalahan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan keberlanjutan, serta memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat," kata Idris saat menyampaikan arahannya.

 

Aksi perubahan reformer tersebut diharapkan mampu menjawab isu-isu prioritas, termasuk peningkatan upaya dalam menghadapi masalah stunting di Sulbar.

 

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan Sulbar, dr. Darmawiyah selaku Reformer Si Data Ceting mengatakan, penggunaan "Si Data Ceting" sebagai langkah digitalisasi data diharapkan mampu menjadi solusi konkret dalam menangani masalah stunting. 

 

"Kami berharap inisiatif 'Si Data Ceting' ini mampu menghadirkan solusi yang lebih baik dengan mengoptimalkan pemanfaatan data guna mencegah stunting dengan pelibatan kader secara optimal di Sulbar," ucap dr. Darmawiyah 

 

Dia juga mengatakan, langkah-langkah konkret dalam digitalisasi data diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai kondisi stunting di Sulbar, serta membantu dalam mengidentifikasi langkah-langkah pencegahan yang lebih tepat dan efektif.

 

"Langkah-langkah konkret dan solutif diharapkan mampu menciptakan dampak positif yang signifikan dalam upaya pencegahan stunting dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulbar," ujarnya.

 

Kehadiran "Si Data Ceting" sebagai bagian dari upaya besar dalam reformasi pemerintahan di Sulbar. Hal ini semakin menggarisbawahi komitmen pemerintah provinsi untuk menjawab tantangan nyata yang dihadapi oleh masyarakat. (rls)

Read 456 times
(0 votes)