19 Nov 2023

Dispora Gelar Kejuaraan Basket Antar Pelajar Se-Sulbar

 

MAMUJU -- Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Kejuaraan Bola Basket Antar Pelajar se-Sulbar, Minggu (19/11/23).

 

Pertandingan ini dilaksanakan di Lapangan Basket Stadion Manakarra Mamuju, dan dibuka langsung oleh Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulbar, Agus.

 

"Kegiatan kejuaraan ini dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan pelatihan wasit cabang olahraga bola basket yang sudah ditutup tadi malam," kata Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulbar, Agus.

 

Menurutnya, para wasit yang telah dilatih ilmunya langsung diimplementasikan untuk memimpin pertandingan bola basket antar pelajar yang dilaksanakan saat ini.

 

Selama ini, sebut Agus, Sulbar memang sangat kekurangan wasit bola basket.

 

"Kita hanya punya tiga orang yang berlisensi. Satu dari Polman, satu dari Mamasa kemudian satu dari Mamuju. Sehingga sesuai arahan Pak Gubernur kepada Pak Kadis untuk tetap mendorong percepatan kemajuan olahraga di Sulbar. Salah satunya dengan pelatihan wasit," jelas Agus.

 

Sementara, Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, menyampaikan, dengan adanya pelatihan wasit cabor basket diakui akan lebih memudahkan pelaksanaan Kejuaraan Basket di Sulbar.

 

"Yah karena sudah tersedia wasitnya. Wasit yang dilatih mendapatkan sertifikat dari Dispora dan juga mendapat lisensi dari cabornya," sebut Safaruddin.

 

Khusus kejuaraan bola basket antar pelajar, Safaruddin menjelaskan, event itu dilaksanakan untuk melihat kemampuan para atlet basket.

 

"Juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk melihat kemampuan para atlet kita, sehingga ketika ada event yang dilaksanakan di tingkat nasional kita sudah dapat mengidentifikasi ketersediaan dan kemampuan atlet kita yang ada," ungkapnya.

 

Selain itu, menurut Safaruddin, Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakhrulloh selama ini memang terus mendorong dan memberikan arahan agar dalam peningkatan dan pembinaan olahraga di Sulbar harus dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh. 

 

Safaruddin mengaku, Pj. Gubernur akan terus berkomitmen memberikan dukungan penuh dalam rangka pelaksanaan event-event olahraga.

 

"Karena itu, tentu kita sangat serius dan sungguh-sungguh dalam memaksimalkan pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga kita di Sulbar, salah satunya basket yang kita pertandingkan sekarang ini," pungkas mantan Sekretaris DPRD Sulbar itu.

 

Di tempat yang sama, Ketua Harian Cabang Olahraga Bola Basket Sulbar, Mandala Putra menyampaikan terima kasih kepada Kadispora dan Gubernur atas kontribusi dan perhatian yang diberikan kepada cabor basket sehingga dapat terlaksana saat ini.

 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada bapak Kadispora dan terkhusus kepada bapak Pj. Gubernur Sulbar yang telah memfasilitasi pelaksanaan pelatihan wasit dan kejuaraan antar pelajar cabang olahraga bola basket ini," singkat Mandala. (rls)

Read 253 times
(0 votes)