21 Okt 2023

Implementasi Pendidikan Kependudukan Jalur Formal, Informal Pada Jenjang SLTA/MA Melalui SSK dan PJK

 

TOPOYO–Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), melakukan Implementasi Pendidikan Kependudukan Jalur Formal, Informal Pada Jenjang SLTA/MA Melalui Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Pojok Kependudukan (PJK), di SMKN Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah baru-baru ini. Kegiatan itu dibuka Sekretaris DP3AP2KB Sulbar dr. Muhammad Ihwan. 

 

Hadiri pada kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Masyita Sundarwati beserta staf DP3AP2KB Sulbar, dan staf SMKN Topoyo. Adapun peserta terdiri dari para Siswa Siswi SMKN Topoyo.

 

Dalam sambutannya, Sekretaris DP3AP2KB Sulbar, dr. Muhammad Ihwan menjelaskan, SSK merupakan sekolah yang mengintegrasikan materi pendidikan kependudukan dan keluarga berencana, ke dalam beberapa mata pelajaran yang relevan tanpa menambah jam pelajaran dan bukan mata pelajaran baru, seperti materi kesehatan reproduksi pada mata pelajaran Biologi, materi Pencegahan Perkawinan Anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan materi bonus demografi pada mata pelajaran Geografi dan mata pelajaran lainnya. 

 

"Dalam SSK terdapat PJK sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa,"kata Muhammad Ihwan 

 

Setelah pembukaan SSK, sebelum memulai materi, panitia memberikan edukasi kepada para peserta tentang bagian–bagian tubuh yang tidak boleh disentuh yang dapat diajarkan kepada anak untuk menghindari pelecehan dan kekerasan seksual. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber yang dipandu oleh Ummi Fatima. Materi pertama oleh dr. Muhammad Ihwan, dengan judul Upaya Penanganan Pencegahan Perkawinan Anak di Sulbar. (rls)

Read 372 times
(1 Vote)