16 Okt 2023

Dinas Transmigrasi Sulbar Gelar Bimtek Peningkatkan Kapasitas Pengurus Bumdes Kawasan Transmigrasi

 

MAMUJU--Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pengurus Bumdes  Kawasan Transmigrasi di Hotel Srikandi, Mamuju, Selasa 10  Oktober 2023. Mengusung tema, “Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Bumdes dan Profesionalisme Tenaga Ahli/Manager Lini Bisnis Bumdes Untuk Pendapatan Asli Desa Kawasan Transmigrasi “.  

 

Bimtek dibuka Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi Ruslan Jabbar, mewakili Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar Ibrahim. Kegiatan itu berlangsung hingga 12 Oktober 2023.

 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan itu adalah terbentuknya  Bumdes berbadan hukum atau peningkatan kapasitas Bumdes, Bumdes dapat melakukan kerjasama kemitraan dengan investor, penetapan anak usaha Bumdes melalui Bantuan Pemerintah/Perbankan dan Program Transmigrasi, mewujudkan penguatan infrastruktur sosial, ekonomi dan kelembagaan di kawasan transmigrasi serta membangkitkan kegiatan sosial ekonomi di desa. 

 

Dalam kegiatan itu, Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi Ruslan Jabbar membacakan sambutan Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar. Ia menyampaikan, BUMDesa dibentuk atas dasar komitmen bersama masyarakat desa untuk saling bekerja sama dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat, demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa. 

 

"Pengembangan dan pembentukan BUMDesa merupakan prospek menjanjikan untuk menguatkan dan memberdayakan lembaga-lembaga ekonomi desa,"katanya

 

Melalui forum itu, Dinas Transmigrasi Sulbar menitipkan harapan hasil pelaksanaan yang mendukung desa sebagai Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), untuk dapat melakukan kerjasama pentahelix melalui sharing anggaran antar investor, sharing data dan informasi dengan media, sharing keilmuan akademis dari akademisi, serta sharing pemahaman dengan masyarakat melalui peningkatan kapasitas Bumdes.

"Semoga peningkatan kapasitas kelembagaan Bumdes dan profesionalisme Tenaga Ahli/Manager Lini Bisnis Bumdes dapat menjadi motor penggerak ekonomi yang unggul, mandiri, berkemampuan digital economy, inovatif, kreatif dalam market promotion dan regional branding melalui kerjasama antar sektor,"harapnya (rls)

Read 418 times
(0 votes)