26 Jul 2023

Dinas PUPR Kolaborasi Pemerintah Kecamatan Luyo, Gelar Sosialisasi Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrim

 

POLEWALI -- Setelah mendirikan Posko Induk Pengaduan penanganan empat plus satu masalah Sulbar, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Sulbar mulai tancap gas menggelar sosialisasi penanganan empat masalah Sulbar di kantor Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar Rabu 26 Juli 2023.

 

Kegiatan tersebut digelar melibatkan berbagai unsur seperti Kepala Desa se Kecamatan Luyo, Danramil, Kepala KUA, juga diikuti beberapa kepala OPD lingkup Kabupaten Polewali Mandar dan tim PKK Kabupaten.

 

"Kegiatan ini merupakan inisiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, merupakan kegiatan solutif dalam mengambil peran dalam penanganan empat masalah Sulbar," kata Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulbar Rachmad.

 

Langkah itu dilakukan, sesuai instruksi Pj Gubernur Sulawesi Barat yang menempatkan Dinas PUPR untuk ikut terlibat melakukan penanganan seperti Stunting, Anak Putus Sekolah, Pernikahan Anak dan Kemiskinan Ekstrim.

 

Ia mengatakan, kegiatan sengaja digagas agar seluruh pihak ikut terlibat melakukan penanganan sekaligus mencari solusi masalah yang dihadapi.

 

"Seluruh pihak harus terlibat melakukan edukasi tentang pentingnya masyarakat mencegah stunting,"ucapnya.

 

Termasuk, mengenai angka putus sekolah apalagi di Sulbar masih tergolong tinggi, "sehingga fokus kita menjadikan satgas ini menjadi solusi, minimal mengurangi imbas dan keberlangsungan nya, tentunya dengan berkolaborasi dengan instansi yang ada di kabupaten ini,"kata Rachmad.

 

Ia menambahkan, bahwa sinergitas adalah hal yang harus di lakukan. Sebab menurutnya tidak mungkin Maslah yang dihadapi bisa diselesaikan sendiri apalagi dengan cara biasa saja.

 

Olehnya itu, ia berharap keterlibatan seluruh pihak dapat memberikan support bagi kegiatan yang digelar pemerintah provinsi. 

 

Pihaknya pun membuka diri terhadap aparatur yang ada di kecamatan Luyo. Ia juga akan bergerak ke masing-masing desa, ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi pemicu yang baik terhadap perkembangan gerakan kolaborasi ini. 

 

"Kami juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Luyo, agar memanfaatkan posko kami sebagai tempat bertukar pikiran, agar apa yang kami lakukan ini, tepat sasaran, tepat guna dan tepat biaya, begitu kuncinya," tutupnya. (rls)

Read 575 times
(0 votes)