10 Mar 2022

Sekprov Sulbar : Kita Jangan Main-Main Mengenai Ketahanan Nasional

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Diseminasi Pengukuran Ketahanan Nasional Provinsi Sulbar, di d’Maleo Hotel Mamuju, Kamis 10 Maret 2022.

Dalam sambutannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, secara nasional perlu diketahui tema ketahanan nasional. Ini salah satu tema yang tidak boleh dianggap sebagai bagian yang tidak penting dalam pembangunan daerah, sebab selalu harus diyakini apa yang dikerjakan di daerah Sulbar tidak lebih dari memperkuat ketahanan nasional.

"Kalau dibuka-buka perjalanan dan pengelolaan Indeks Ketahanan Nasional (IKN) dari tahun ketahun, seharusnya indikator-indikator terbangunnya ketahanan nasional menjadi perhatian. Misalnya, dari aspek ideologi ketahanan bangsa,"kata Idris

Disampaikan, bisa dibayangkan 34 provinsi dianalogikan satu tubuh manusia yang keterfungsiannya antara satu bagian ke bagian yang lain saling mengikat. Untuk itu dalam 34 provinsi ada bagian dari negara, ketahanan nasionalnya rendah ataupun rawan, dan itu akan berpengaruh keselurahan bagi bangsa Indonesia.

 “Kita jangan main-main mengenai ketahanan nasional, diskusi kemarin mengenai ketahanan pangan saja ternyata bangsa kita sangat rawan, pada kenyataannya para ahli mengatakan bangsa kita hanya bisa bertahan tiga minggu dari kacamata ketahanan pangan,"bebernya

Olehnya itu, kata Idris, yang perlu dilakukan adalah memastikan catatan-catatan merah untuk segera mengambil langkah-langkah memperkuat dan ini menjadi tahapan-tahapan melakukan pembaharuan.

“Secara khusus untuk Sulbar, saya sendiri mengukur dari segi aspek secara realistis di Sulbar banyak titik kerawanannya yang masih sangat dipengaruhi oleh adanya konsentrasi-konsentrasi politik di daerah,"ucapnya

Ia menambahkan, salah satu yang menjadi ukuran ketahanan nasional di Sulbar yaitu potret ketahanan. 

"Multidisiplin sangat dibutuhkan untuk bicara mengenai ketahanan nasional. Mudah-mudahan diskusi ini untuk lebih memperkuat daerah Sulbar di aspek ketahanan nasional,"tutupnya (jemmi)

Read 608 times Last modified on Kamis, 10 Maret 2022 21:50
(0 votes)