15 Feb 2022

Penguatan Perencanaan Pembangunan Daerah, Idris Tekankan Tiga Hal

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris, menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi dan Kerjasama Lembaga Perencanaan Pembangunan Daerah (Forum Bappeda) Provinsi Sulbar Tahun 2022, secara virtual dari Rujab Sekprov Sulbar, Selasa 15 Februari 2022. 

Kegiatan itu mengusung tema, "Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi Provinsi Sulbar Pasca Pandemi Covid-19 dan Gempa Bumi 6,2 SR".

Dalam sambutannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris menekankan tiga hal dalam rangka penguatan perencanaan pembangunan daerah, yakni pertama membiasakan diri untuk menyusun satu kesepakatan bersama melalui koordinasi yang baik atau merancang sebuah rencana koordinasi yang baik.

"Dimana-mana saya selalu tekankan ini, karena kita anggap dimensi koordinasi itu hal yang biasa. Tapi fakta-fakta di lapangan menunjukkan, banyak sekali hal yang rusak disebabkan koordinasinya yang tidak bagus,"ucap Idris

Kedua, mengharmonisasikan berbagai macam program strategis. Dijelaskan, harmonisasi mudah diucapkan, tetapi sangat sulit untuk diwujudkan secara baik bersama di lapangan. Ketiga, sinergi harus terus diwujudkan.

"Saya percaya betul bahwa kunci-kunci harmonisasi OPD yang lain di kabupaten dan provinsi, sangat ditentukan oleh harmonisasi perencanaan di level para perancang utama, yaitu para Kepala Bappeda dan jajarannya,"ujarnya

Melalui kesempatan itu, Idris meminta Bappeda sudah harus benar-benar menjadi konsultan yang efektif bagi OPD-OPD lain.

Ia berharap, forum tersebut akan memproduksi cara kerja baru dan merumuskan strategi baru dalam rangka semakin memperbaiki manajemen perencanaan dan manajemen kinerja terhadap seluruh OPD lingkup kabupaten dan provinsi, sehingga setiap tahun dirasakan manfaatnya oleh OPD tersebut.

"Out come dari OPD itulah, akhirnya dirasakan oleh masyarakat sebagai buah dari apa yang dipikirkan oleh Bappeda,"tambahnya (mhy)

Read 564 times
(0 votes)