30 Apr 2024

Pengenalan Hama dan Penyakit Tanaman Unggulan Perkebunan Sulbar Seri V, Bahas OPT Sexava S.P

 

Mamuju - Dinas Perkebunan (Disbun) Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Perlindungan kembali melaksanakan kegiatan Pengenalan Hama dan Penyakit Tanaman Unggulan Perkebunan di Sulbar, Selasa, 30 April 2024. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap minggunya, kali ini memasuki seri ke V.

 

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) di Pusatkan di Ruang Rapat Disbun Sulbar, yang dibuka oleh Kepala Bidang Perlindungan Disbun Sulbar Hartati Pawelloi dan diikuti oleh Staf Disbun Sulbar, Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Kabupaten se-Sulbar, Pembantu Lapang Petugas Tenaga Kontrak Pendamping (PLP-TKP) Sulbar, Regu Pengendali OPT Perkebunan se-Sulbar serta undangan lainnya. 

 

Kepala Bidang Perlindungan Disbun Sulbar, Hartati Pawelloi, dalam sambutannya menekankan kegiatan itu penting dilakukan secara rutin untuk mengasah kemampuan dalam mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman perkebunan oleh petugas-petugas pengamat OPT di lapangan secara langsung. 

 

“Kegiatan ini juga sebagai wadah untuk saling bertukar informasi teraktual terkait hama dan penyakit tanaman perkebunan khususnya di Sulbar,” ucap Hartati.

 

Pada seri ke-V ini, materi diisi oleh Pramudiana, yang merupakan Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Tanaman Perkebunan Disbun Sulbar. Sama dengan seri sebelumnya, materi yang dibawakan terkait OPT yang menyerang tanaman kelapa, yaitu OPT Sexava S.P

 

Pada sesi pemaparan materi, pemateri menyampaikan terlebih dahulu terkait Hama Sexava secara umum sebagai pengenalan awal, kemudian menyampaikan terkait gejala serangan dan kerugian yang dapat ditimbulkan serta cara pengendalian hama tersebut seperti pengendalian hayati, mekanis, kultur teknis dan kimiawi.

 

Di akhir sesi, dilakukan diskusi oleh seluruh peserta kegiatan, mulai dari bagaimana cara pencegahan yang paling efektif yang dapat dilakukan untuk meminimalisir serangan hama Sexava ini, serta peserta ikut memberikan pengalaman yang didapatkan seputar materi yang dibawakan oleh pemateri di wilayah kerja masing-masing.

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 52 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments