06 Apr 2024

DPKD Sulbar Perkuat Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan di Polman melalui Bimtek

 

Polman--Dalam upaya memperkuat kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Sulbar menggelar bimbingan teknis (bimtek) di Polewali Mandar (Polman) selama selama dua hari berturut-turut, yakni 27 hingga 28 Maret 2024. 

 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di Sulbar, khususnya di Polman. Bimtek ini dihadiri 60 peserta tenaga perpustakaan dan pustakawan dari berbagai pengelola perpustakaan sekolah, umum, maupun khusus.

 

Dalam sambutannya, Kepala DPKD Sulbar Khaeruddin Anas menekankan pentingnya peran tenaga perpustakaan dan pustakawan dalam mendukung peningkatan minat baca dan akses informasi masyarakat. 

 

"Perpustakaan merupakan jantung intelektual masyarakat yang berfungsi untuk peningkatan Indeks Literasi Masyarakat. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dengan memperkuat kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan di wilayah kami," kata Khaeruddin.

 

Khaeruddin berharap melalui kegiatan itu para tenaga perpustakaan dan pustakawan dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat mereka terapkan dalam praktik sehari-hari di perpustakaan masing-masing.

 

"Kami akan terus mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan," imbuhnya.

 

Seorang Pustakawan dari Polman Rahmat menyambut baik kegiatan itu. Menurutnya, bimtek tersebut memberikan wawasan baru tentang bagaimana mengelola perpustakaan dengan lebih efektif, terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan akses dan layanan kepada pengguna.

 

Peserta bimtek diberikan kesempatan untuk mengikuti serangkaian sesi diskusi, workshop, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan saat ini. Materi yang disampaikan meliputi manajemen koleksi, teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan perpustakaan, serta strategi promosi dan pemasaran layanan perpustakaan.

 

Dengan semangat yang membara, para tenaga perpustakaan dan pustakawan Sulbar siap menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif dan profesional, memastikan bahwa perpustakaan di wilayah tersebut memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung pembelajaran dan penelitian, serta melestarikan warisan budaya dan intelektual masyarakat setempat.

 

Penulis : DPKD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 75 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments