30 Mar 2024

Tim Proklim DLH Sulbar Lakukan Pembinaan Program Kampung Iklim di Lingkungan Timbo-Timbo Majene

 

Majene -- Tim Program Kampung Iklim (Proklim) Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat melakukan pembinaan Program Kampung Iklim tahun 2024 di Lingkungan Timbo-Timbo Kelurahan Pangali-Ali Kecamatan Banggae Kabupaten Majene baru-baru ini.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pelibatan masyarakat dalam pelaksanaan upaya pengendalian perubahan iklim , sekaligus memberi edukasi kepada masyarakat akan pentingnya upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim. 

Pejafung Pengendali Dampak lingkungan ahli muda DLH Sulbar, Syukriah Alimuddin mengatakan, di lingkungan Timbo-Timbo telah memiliki kelembagaan sebagai motor dalam pelaksanaan kegiatan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim yakni Karangtaruna Mapiya. Karangtaruna itu beranggotakan pemuda dan pemudi setempat dimana sebagian besar merupakan pelajar dan mahasiswa. 

Karangtaruna Mapiya memiliki serangkaian kegiatan yang merupakan wujud aksi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim seperti melakukan edukasi kepada masyarakat setempat bagaimana memilah sampah dan mengkompos, melakukan kerjasama dengan dinas terkait dalam hal pemanfaatan sampah botol plastic untuk digunakan sebagai biofilter pada bak kotoran yang ada dirumah warga.

"Selain itu, Karangtaruna tersebut juga telah mendirikan bank sampah yang diberi nama Bank Sampah Mapiya , yang mana kegiatannya adalah mengumpulkan sampah terpilah dari masyarakat setempat , seperti kardus bekas, botol-botol kaca, rak telur bekas, botol plastik bekas, kertas koran bekas, gelas air mineral bekas, dan lain sebagainya yang dihargai sesuai dengan kesepakatan dengan warga setempat" kata Syukriah.

Lebih lanjut dikatakan, Bank sampah tersebut mampu mengelola sampah sebanyak 90kg/bulan yang terdiri dari sampah plastik keras sebanyak 25kg/bulan, kertas-kardus sebanyak 45kg/bulan dan sampah plastic fleksibel sebanyak 20kg/bulan.

Kepala DLH Sulbar, Zulkifli Manggasali mengatakan, selain kegiatan tentang pengelolaan sampah, karangtaruna Mapiya juga turut berkontribusi dalam upaya pengendalian perubahan iklim melalui upaya penghijauan dengan melakukan perencanaan pemanfaatan lahan pekarangan dengan tutupan vegetasi guna mengantisipasi bahaya banjir dan longsor.  

"Tahun ini Karangtaruna mendapat bantuan berupa alat Komposter dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan juga mesin pencacah sampah plastic dari pihak Kelurahan Pangali-Ali yang digunakan untuk pengelolaan sampah di lingkungan Timbo-Timbo. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, masyarakat setempat dapat secara konsisten melakukan pengelolaan sampahnya dengan cara mengkomposkan sampah organiknya dan juga menabungkan sampah an-organiknya pada bank sampah setempat agar dapat mengurangi timbunan sampah yang masuk ke TPA Majene sekaligus menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya," kata Zulkifli Manggasali

 

Penulis : DLH

Editor : humassulbar

Read 112 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments