08 Feb 2024

Sosialisasi Pemanfaatan E-Katalog Lokal Konstruksi di Sulbar, Migrasi Digital untuk Efisiensi Pengadaan Barang dan Jasa

 

MAMUJU--Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Setda Sulbar) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulbar mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan Elektronik Katalog Lokal Konstruksi secara virtual, Senin 5 Februari 2024. 

 

Sosialisasi ini dihadiri para Ketua Asosiasi Penyedia Jasa Konstruksi se-Sulbar, yang berpartisipasi dalam mempelajari konsep dan manfaat teknologi dalam pengadaan di bidang konstruksi.

 

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Biro PBJ Setda Sulbar, Muhtar saat membuka acara tersebut, menjelaskan, E-Katalog lokal konstruksi merupakan platform digital yang memudahkan penyedia untuk mengakses informasi terkait barang dan jasa konstruksi yang diperlukan. 

 

"Dengan adanya E-Katalog ini, diharapkan proses pengadaan dapat berlangsung lebih efisien, transparan, dan akuntabel," kata Muhtar, yang juga Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulbar.

 

Kepala Dinas PUPR Sulbar, Rachmad mengatakan, dalam pemanfaatan E-Katalog lokal konstruksi, semua proses keterlambatan pelaksanaan pembangunan didasari pada pengalaman-pengalaman masa lalu.

 

"Sehingga di tahun 2024 ini kita mencoba untuk semua kegiatan yang ada di Dinas PUPR akan dilakukan penggunaan E-Katalog untuk lebih memudahkan serta lebih efisien terhadap semua proses pembangunan di Sulbar,” katanya .

 

 

Pemateri utama dalam acara tersebut adalah Rachmat Junaidy, Pengelola Katalog Lokal Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia berbagi pengalaman dan memberi pemahaman mendalam tentang implementasi dan manfaat dari penggunaan katalog elektronik dalam sektor konstruksi. 

 

Rachmat Junaidy menjelaskan berbagai fitur dan prosedur yang terkait dengan sistem tersebut, serta memberikan contoh kasus sukses dari penggunaan teknologi serupa di daerah lain.

 

Peserta sosialisasi, terutama para Ketua Asosiasi Penyedia Jasa Konstruksi, diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang implementasi teknologi ini dalam konteks Sulbar. Diskusi tersebut membuka peluang untuk memahami lebih dalam tantangan dan peluang yang ada dalam menggunakan Elektronik Katalog Lokal Konstruksi.

 

 

Melalui sosialisasi ini, diharapkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya teknologi dalam pengadaan barang dan jasa semakin meningkat di kalangan pemangku kepentingan di Sulbar. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat adopsi teknologi modern dalam sektor pengadaan jasa konstruksi, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada efisiensi dan kualitas pembangunan infrastruktur di Sulbar. (rls)

Read 404 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments