06 Feb 2024

Percepat Pengendalian Inflasi, Biro Ekbang Rapat Koordinasi dengan TPID Majene

 

MAJENE--Dalam rangka percepatan pengendalian inflasi di Kab. Majene, TPID Sulawesi Barat (Sulbar) dalam hal ini Kepala Biro Ekbang Setda Sulbar Hamdani Hamdi melakukan Rapat Koordinasi dengan TPID Kab. Majene, di Resto Villa Bogor Majene, Jumat 2 Februari 2024.

 

Hal itu merupakan langkah percepatan yang dilakukan oleh Kepala Biro Ekbang Setda Sulbar dalam menyikapi inflasi yang terjadi di Majene. 

 

Dalam rapat tersebut, Kepala Biro Ekbang Setda Sulbar Hamdani Hamdi menyampaikan, tingkat inflasi Majene untuk Januari 2024 mencapai 3,14 persen, yang dipengaruhi oleh kenaikan beberapa komoditas pertanian seperti beras, bawang merah dan ikan cakalang.

 

"Kenaikan harga beras yang tinggi sangat mempengaruhi angka inflasi di Sulbar, karena beras menempati bobot tertinggi berdasarkan survey biaya hidup 2022," kata Hamdani.

 

Dalam rapat koordinasi tersebut diperoleh hasil antara lain: 

1. Penambahan subsidi beras 5 sampai dengan 6 ton.

2. Penambahan komoditas pangan yang disubsidi, seperti gula pasir, bawang merah, ikan dan minyak goreng untuk mengimbangi kenaikan harga beras yang terus meningkat.

3. Perlu dipertimbangkan dalam penentuan pedagang mitra penerima subsidi merupakan pedagangan dengan volume penjualan yang tinggi/paling laku di pasar.

4. Untuk pelaksanaan subsidi ikan, Dinas DKP Majene akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan DKP Sulbar.

5. Untuk mengatasi penguasaan pasar oleh Tengkulak, maka perlu segera dilakukan pembentukan BUMD Pangan sebagai off taker pangan. (rls)

Read 145 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments