19 Sep 2023

Inspirasi Mahasiswa Lewat Materi Transformasi Sosial dan Pemerintahan, Rektor UNM Apresiasi Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan

 

Makassar -- PJ Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh  mendapat apresiasi dari Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof.Husain Syam. 

 

Menurut Rektor UNM, kehadiran Sestama BNPP ini telah  menginspirasi dan memotivasi mahasiswa. Ia mengaku sengaja menghadirkan Prof. Zudan sebagai sosok pembelajar

 

"Yang dibutuhkan generasi muda saat ini adalah sosok yang bisa menginspirasi, inspiring, yang bisa menggugah diri untuk kemudian bagaimana mengisi hidup dan kehidupan bagaimana mengisi potensi untuk kemudian memenangi kompetisi di luar sana kelak setelah berproses di UNM," tutur Prof Husain, menyambut kehadiran Prof Zudan dalam rangka memberikan kuliah umum di Kampus UNM, Senin 18 September.

 

Kuliah umum oleh  PJ Gubernur Sulbar Prof. Zudan di UNM menyajikan materi tentang Transformasi Sosial dan Pemerintahan. Hadir dalam acara Kuliah umum antara lain Para Wakil Rektor,Dekan,Direktur Pascasarjana, Ketua Program Studi,DWP UNM mahasiswa S2 dan S3. 

 

Memulai materinya, PJ Gubernur Sulbar menjelaskan tentang transformasi sosial dengan mengurai klasifikasi peradaban 1.0 hingga 5.0 atau dari generasi peradaban berguru dan mencari hingga generasi yang bergantung pada teknologi. 

 

Sementara, transformasi pemerintahan mengurai tentang bagaimana pemerintahan mengakomodir masyarakat yang hidup di lima peradaban, dari 1.0 hingga 5.0

 

"Bagaimana negara ini harus mengakomodir masyarakat yang hidup di peradaban. 1.0 hingga 5. 0 dengan kebijakan yang sama," kata Zudan. 

 

Ia mencontohkan,  Undang-undang perbankan memberikan ruang untuk setiap peradaban. Sehingga dalam pelayanan masih terdapat pelayanan manual dan ada juga sudah bertransformasi ke peradaban 5.0. 

 

"Ini Adjustment policy (menyesuaikan kebijakan) terus menerus di tataran teknis tanpa merubah kebijakan perbankan. Itulah dilakukan negara kita; mewadahi semua peradaban yang ada," jelas Prof.Zudan.  

 

Begitupun di Sulbar, kata Zudan, pemerintah memberikan wadah untuk setiap peradaban sebab di Sulbar pun masih terdapat generasi 1.0 hingga 5.0. 

 

"Semua harus kita wadahi. Bagaimana kita mentransformasi sosial. Kita harus melihat konteks yang ada," ungkapnya. 

 

Olehnya sebagai PJ Gubernur di Sulbar, Ia melihat perlunya membangun tradisi di sektor pemerintahan agar bergeser ke arah 4.0 dan perlahan ke peradaban 5.0

 

"Menggeser dari cap  diubah menjadi tanda tangan elektronik untuk mempercepat pelayanan publik. Bisa bekerja dari manapun, dan jam kerja lebih fleksibel dan tidak memerlukan ruang penyimpanan naskah yang banyak. Cukup dengan server," ucap Zudan. 

 

Lanjut Zudan menjelaskan, transformasi pemerintahan  tidak bisa berjalan tanpa merubah pola pikir, hati, dan perilaku "Sentuh hatinya, sentuh rasionalitasnya kemudian perilaku akan berubah dan ini perlu waktu. Makanya harus dilakukan terus dilakukan terus menerus," ungkapnya.

 

Penting pula, dalam melakukan komunikasi sosial agar  perhatikan generasi yang menjadi lawan bicara sehingga dapat menyamakan frekuensi. Dengan begitu pula kerukunan tetap terjaga sekaligus mencegah perpecahan di negara ini. 

 

"Marilah kita menyamakan frekuensi untuk menjaga negara ini . Dengan peradaban 1.0-5.0 transformasi sosial terus berjalan dan kita  jaga 78 tahun Indonesia merdeka, kita tetap utuh NKRI. Jaga terus nilai nilai kerukunan," tutup Zudan. (rls)

Read 299 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments