14 Sep 2023

Menko PMK, Muhadjir Efendy Dorong Percepatan Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Sulbar

 

Polman --Sulbar sebagai salah satu daerah tertinggi stunting dan kemiskinan ekstrim. 

 

Sebab itu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendi, berkunjung ke Sulbar serta berkoordinasi dengan Pemda terkait perkembangan penanganan masalah tersebut.

 

"Kita ingin mengetahui perkembangan stunting dan kemiskinan ekstrim, karena Sulbar angka kemiskinan dan stunting cukup tinggi," ujar Muhajir.

 

Kehadiran Menko PMK di Sulbar juga menyempatkan berkunjung ke Desa Sumarrang, Kecamatan Campalagian Polman sekaligus menyerahkan bantuan serta berdialog langsung dengan keluarga sasaran terdampak stunting dan kemiskinan ekstrem.

 

Menko berharap penerima bantuan stunting dan kemiskinan ekstrem tepat sasaran,dan mendorong Pemda melalui dana desa lebih maksimal dalam mengalokasikan untuk penanganan stunting dan Kemiskinan ekstrem. 

 

"Jangan sampai salah sasaran," tegas Menko PMK. 

 

Dia juga meminta para pejabat di Sulbar akan menjadi bapak asuh stunting, bahkan Menko PMK bersedia menjadi bapak asuh untuk dua keluarga stunting di Sulbar. 

 

"Kalau semua pejabat mau menjadi bapak asuh, saya kira stunting bisa kita turunkan 14 persen," pungkasnya. 

 

Stunting dan Kemiskinan Ekstrem adalah dua dari lima permasalahan yang menjadi fokus utama Pemprov Sulbar.

 

PJ Gubernur Sulbar , Prof Zudan sejak menjabat Mei 2023, bergerak cepat dengan membentuk Satgas penanganan Masalah 4+1 Sulbar, yakni Kemiskinan, Stunting, Anak Tidak Sekolah, Perkawinan Anak dan Inflasi. 

 

Melalui satgas Pemprov juga mengarahkan setiap OPD menangani dua kecamatan untuk masalah 4+1 tersebut. (rls)

Read 281 times Last modified on Jumat, 15 September 2023 00:35
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments