08 Sep 2024

West Sulawesi Investment Forum 2024, Perkuat Kerja Sama Sulbar dan Kaltim

 

Balikpapan – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyelenggarakan kegiatan “West Sulawesi Investment Forum 2024” di Le Grande Ballroom Grand Jatra Hotel, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat 6 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara Sulbar sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), dan Kaltim sebagai penopang utama IKN. 

 

Mengusung tema “Sulbar Tumbuh Bersama IKN” dan “Sulbar Malaqbi, Maju dan Berkelanjutan dalam Ekosistem Ekonomi Hijau dan Biru yang Inklusif”, forum ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara kedua provinsi dalam bidang ekonomi, perdagangan, dan pariwisata. 

 

Sulbar, dengan luas daratan 16.787,18 km² dan lautan 22.012,75 km² serta pesisir pantai sepanjang 728,41 km², memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Provinsi ini dihuni oleh 1.536.155 jiwa dan dikenal dengan kekayaan sumber daya alam serta keanekaragaman ekosistem yang melimpah, meliputi sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, kelautan, pertambangan, dan pariwisata. Potensi-potensi tersebut masih belum tergarap secara optimal, sehingga pengelolaan yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

 

Pada Triwulan II 2024, Sulbar mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 4,30%, didorong oleh sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. Realisasi investasi di provinsi ini juga menunjukkan perkembangan signifikan, dengan capaian Rp. 644,14 Miliar pada Triwulan II, mengalami peningkatan 56,95% dari Triwulan I 2024. Investasi ini banyak didominasi oleh sektor pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan, perhotelan, dan perdagangan.

 

Forum ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, serta sejumlah pejabat penting termasuk Menteri Investasi/Kepala BKPM RI yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerataan dan Kemitraan Kementerian Investasi/BKPM Andi Maulana dan Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono. Juga hadir Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik, Ketua DPRD Sulbar St. Suraidah Suhardi, Forkopimda Sulbar, dan Sekprov Sulbar Muhammad Idris.

 

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, mengatakan West Sulawesi Investment Forum 2024 adalah inisiatif penting untuk mendorong kolaborasi antara Sulbar dan Kaltim. 

 

"Melalui forum ini, kami berharap dapat memperluas jaringan investasi dan meningkatkan sinergi antara kedua provinsi. Dengan potensi ekonomi yang kami miliki, kami yakin bahwa Sulbar dapat berperan sebagai mitra strategis dalam mendukung pembangunan IKN, serta mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Bahtiar. 

 

Sementara, Kepala DPMPTSP Sulbar Habibi Azis, menyampaikan kegiatan itu merupakan platform yang sangat penting untuk memperkenalkan potensi investasi di Sulbar dan mempromosikan proyek-proyek unggulan Sulbar.

 

"Melalui forum ini, kami berharap dapat menarik perhatian investor dan mempercepat realisasi investasi di sektor-sektor yang memiliki potensi besar, seperti pengolahan biji kakao di Kabupaten Polman dan pengembangan pariwisata di Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju. Kami percaya, dengan dukungan dan kerja sama yang solid, Sulbar akan semakin maju dan sejahtera,” kata Habibi. 

 

West Sulawesi Investment Forum 2024 diharapkan dapat menjadi pendorong utama dalam upaya peningkatan investasi serta pertumbuhan ekonomi di Sulbar dan sekitarnya.

 

Penulis : DPMPTSP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 135 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments