06 Okt 2022

Bappeda Sulbar Matangkan Persiapan Kedatangan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

 

MAMUJU -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Sulbar mengelar rapat koordinasi pemantapan terkait rencana kedatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Sulawesi Barat, di Aula Bappeda Kamis 6 Oktober 2022.

 

Rapat tersebut juga untuk menyatukan persepsi bersama pimpinan OPD mengenai Rencana Kerja (Renja) yang akan dikerjasamakan dengan pemerintah Jawa Tengah.  

 

Ganjar dijadwalkan berkunjung ke Sulbar pada 10 Oktober 2022. Ia akan menjadi narasumber pada lokakarya yang akan digelar Bappeda.

 

Kepala Bappeda Provinsi Sulbar Junda Maulana, mengatakan kedatangan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo merupakan tindak lanjut MOU yang dilakukan Pj Gubernur Sulbar. 

 

"Jadi ada empat program yang menjadi fokus yaitu Percepatan penurunan stunting, bagaimana percepatan tata kelola pemerintahan yang baik, kebijakan strategis pelaksanaan SMK vokasi gratis, pemberdayaan UMKM," kata Junda. 

 

Ia berharap, MOU bersama Gubernur Jateng dan Pj Gubernur Sulbar segera ditindaklanjuti melalui perjanjian kerjasama antar bidang penangan program.

 

"Kerjasama nanti itu tematik yang melibatkan beberapa OPD," kata Junda.

 

Junda menambahkan, dari empat program tersebut Jawa Tengah dinilai memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dari Sulbar. 

Seperti angka Stunting Sulbar, masih berada diurutan kedua sebesar 33 persen, sedang Jawa Tengah sudah 20,7 persen yang telah mengalami penurunan signifikan dari tahun sebelumnya. Begitu juga dengan tata kelola pemerintahan, pendidikan SMK vokasi dan UMKM masih.

 

"Sehingga kita mau belajar seperti apa strategi yang dilakukan dan itu dapat kita kerjasamakan,"ucap Junda.

 

Ia pun berharap agar rencana kerjasama antar Provinsi Jawa Tengah dan Sulawesi Barat dapat terwujud dalam bentuk kerjasama program.(rls)

Read 491 times
(1 Vote)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments