06 Okt 2022

Djamil Launching E-LAKUMI UMKM Sulbar

 

Asisten III Bidang Administrasi Setda Sulbar, Djamil Barambangi melaunching Aplikasi Etalase Pelaku Usaha Elektronik Mamuju Level Internasional ( E- LAKUMI) UMKM Sulbar, Kamis, 6 Oktober 2022. Bertempat di d'Maleo Hotel Mamuju, kegiatan itu digelar oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Sulbar.

Launching E- LAKUMI ditandai pemukulan gong oleh Asisten III Bidang Administrasi Setda Sulbar, didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Sulbar, Andi Bau Akram Dai, Kepala BI Perwakilan Sulbar Hermanto dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulbar (Kominfopers) Sulbar, Mustari Mula.

Asisten III Bidang Administrasi Setda Sulbar, Djamil Barambangi menekankan, Pemprov Sulbar melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM hendaknya dapat terus memberikan atensi kepada para pelaku UMKM, sehingga produk-produk UMKM Sulbar dapat lebih produktif dan lebih dikenal. 

"Insya Allah kedepan kita akan membangun suatu kawasan penjualan produk-produk UMKM khas Sulbar yang bersifat lokal, seperti tenunan Sekomandi, Sambu dari Mamasa dan kain Sa'be. Begitu juga dengan makanan-makanan lokal Sulbar,"ungkap Djamil

Untuk itu, kata Djamil, kegiatan itu perlu terus dilakukan pengembangan dan kreasi, sebab para pelaku UMKM merupakan salah satu pendorong perekonomian Sulbar yang dapat memberdayakan masyarakat lokal dan produk-produk lokal itu sendiri. 

 "Insya Allah akan terwujud lapangan kerja yang besar yang dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran di Sulbar,"ujarnya

Dia menambahkan, sebagaimana harapan bersama, produk Sulbar berupa makanan khas, kiranya dapat didesain untuk bisa menjadi makanan yang tahan sampai satu minggu seperti ikan penja dan tuing-tuing. 

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Sulbar, Andi Bau Akram Dai menyampaikan, E-LAKUMI tersebut berbasis website yang menampilkan daftar prodak dan harganya, begitu juga dengan para pelaku UMKM. 

"Dulunya para pelaku usaha memasarkan produknya dalam bentuk manual dan saat ini kita sudah memasuki zaman teknologi foto proses digitalisasi. Untuk itu, produk-produk lokal pada UMKM kita akan dimasukkan dalam website E-LAKUMI yang menghubungkan antara pembeli dan penjual secara online dan itu bisa dilihat secara nasional,"terang Andi Bau Akram 

Turut hadir dalam kegiatan itu para Pelaku Usaha Kabupaten Mamuju dan undangan lainnya. (farid)

 

Read 268 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments