02 Jan 2021

Pemprov Sulbar Siapkan Mobil Ambulance Kebidanan Covid-19

 

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy mengecek kesiapan Mobil Ambulance Kebidanan Covid-19, di Pelataran Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, Senin, 3 Januari 2022.

Mobil Ambulance tersebut diperuntukkan bagi Rumah Sakit Umum di daerah, dalam rangka memberikan pelayanan yang cepat, khususnya bagi persalinan ibu hamil.

"Kita harus selalu memperhatikan masyarakat, dengan memaksimalkan fasilitas pelayanannya, utamanya bagi warga rujukan. Kita mau masyarakat merasa sehat sebelum diobati,"ujar Ali Baal Masdar, Gubernur Sulbar

Ali Baal mengungkapkan, saat ini Pemprov Sulbar sudah menyiapkan dua unit Mobil Ambulance Kebidanan Covid-19, yang mana satu unitnya melayani Kabupaten Polman, Mamasa dan Majene. Sedangkan satu unit lainnya melayani Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu.

"Untuk saat ini sudah tersedia dua Mobil Ambulance untuk ibu-ibu yang ingin melakukan persalinan. Hal ini kita adakan sesuai pengalaman yang terjadi di pasca gempa, disertai melonjaknya kasus pandemi Covid- 19 kemarin. Kedepan kita berharap ini tidak hanya ada dua unit saja, melainkan kita akan terus berupaya untuk menambah Armada dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada seluruh masyarakat Sulbar,"ucap mantan Bupati Polman dua Periode itu

Gubernur menyatakan, dengan adanya Mobil Ambulance Kebidanan Covid-19, diharapkan tercipta pelayanan yang maksimal, utamanya bagi ibu-ibu yang ingin melakukan persalinan dengan cepat.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy menyampaikan, pengadaan Ambulance Kebidanan Covid-19 merupakan salah satu program prioritas Gubernur Sulbar, berdasarkan pengalaman pasien di saat keadaan genting dan tidak bisa dilayani di rumah sakit.

"Jadi Ambulance ini awalnya merupakan sarana yang bisa menjawab terhada permasalahan bu hamil yang mengalami positif Covid-19. Namun seiring dengan waktu, maka ambulance itu juga bisa digunakan bagi ibu hamil yang tidak berdampak akan pandemi,"tutur Asran

Selain itu, Armada tersebut juga merupakan jawaban dalam memenuhi pemberian pelayanan yang maksimal dengan cepat kepada ibu hamil, utamanya pada saat kondisi rumah sakit tidak siap memberikan pelayanan disebabkan berbagai kendala, juga memudahkan proses persalinan serta operasi dapat dilakukan di Mobil Ambulance itu.

"Mobil Ambulance ini dilengkapi peralatan operasi dan bangsal di dalamnya, tersedia juga indikator bayi dan alat lainnya serta sesuai standar operasi," katanya (farid) 

 

Read 221 times
(0 votes)