06 Sep 2024

Dinas Perkim Tanam 2.000 Bibit Mangrove pada Kegiatan "Sulbar Sepekan Menanam Mangrove"

 

 

Mamuju--Dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang ke 20 tahun yang jatuh pada tanggal 22 September 2024 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar sudah menyiapkan berbagai macam rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Sepekan Menanam Mangrove yang dimulai dari tanggal 2 sampai 9 september 2024.

 

Seluruh perangkat daerah melakukan penanaman mangrove tersebut di sejumlah lokasi yang telah ditentukan yaitu di Desa Sumare dan jalan masuk Bandara Tampa Padang serta tempat Wisata Mangrove, Kelurahan Bebanga, Kabupaten Mamuju.

 

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sulbar salah satu perangkat daerah yang juga ikut ambil bagian dalam penanaman mangrove pada hari Rabu 4 September 2024.

 

Dinas Perkim siapkan sebanyak 2.000 bibit mangrove untuk ditanam di tempat Wisata Mangrove, Kelurahan Bebanga, Kabupaten Mamuju. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perkim Sulbar, Syaharuddin.

 

"Ada 2.000 bibit mangrove yang hari ini (Rabu 4 September red.) siap kami tanam. Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Administrasi Tidak Tetap (TATT) Lingkup Dinas Perkim ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Syaharuddin, saat ditemui di lokasi penanam mangrove.

 

Syaharuddin menekankan, melestarikan hutan mangrove sangat penting karena memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup.

 

Dia menjelaskan, mangrove adalah tumbuhan yang mampu menahan arus air laut agar tidak mengikis tanah, sebagai penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen serta sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut.

 

"Apa yang kita lakukan hari ini semoga dapat bermanfaat dan dapat dinikmati anak cucu kita kelak," harapnya.

 

 

Sepekan Menanam Mangrove adalah sebuah gagasan dari Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin yang ditandai dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2024 tentang kegiatan "Sulbar Sepekan Menanam Mangrove" untuk memperingati Hari Jadi Provinsi Sulawesi Barat ke - 20 Tahun 2024.

 

 

 

Penulis : Dinas Perkim Sulbar

Editor : humassulbar

Read 92 times
(0 votes)