22 Agu 2024

Tiga Jam Kades se Kecamatan Tutar Curhat, Pj Bahtiar "Tak Perlu Menunggu 2025, tahun ini kita perbaiki"

 

POLMAN -- Pernah menyaksikan video seorang kepala desa yang memandu warganya ke rumah sakit? Lantaran kondisi jalan dan desa terisolir? Pemandangan miris tersebut terjadi di Desa Besoangin Kecataman Tutar Kabupaten Polman. 

"Tabe Pak Gubernur. Saya pernah mengangkut warga desa ku yang sakit. Tapi karena lokasinya jauh sehingga wargaku meninggal dalam perjalanan" ungkap Baharuddin Tamae Kepala Desa Besoangin Polman.

Dia melanjutkan, lantaran video itulah sehingga dirinya viral sampai ke istana. "Sudah naik di televisi, di media, sudah ditonton oleh pejabat sampai ke Jakarta tapi tidak ada perubahan pak Gubernur" tambahnya lagi. 

 

Itulah sepenggal curhatan Baharuddin salah seorang kades saat mendapat kesempatan berdialog dengan Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin di lapangan Tutar Kamis, 22 Agustus 2024. Selain Pj Bahtiar ikut juga mendampingi Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Rahim, Hatta Kainang Haji Syarifuddin Andi Kusairi serta anggota DPRD lainnya. Ikut pula mendampingi Pj Gubernur yakni Pj Bupati Polman Muhammad Ilham Borahima. 

Sementara dari pihak Pemprov juga hadir sejumlah pimpinan OPD Pemprov seperti Asisten 1 Muh.Jaun, Asisten III Amujib, Kadis Ketahanan Pangan Abdul Waris, Kadis Transmigrasi dan Kadis Kehutanan. 

"Saya sangat terharu pak karena ini baru pertamakali ada Pj Gubernur sampai di tempat ini dan saya bisa komunikasi langsung. Terus terang saja, Pj Gubernur lama pernah menjanji tapi tidak ada realisasi" tandasnya. 

Selain hadir 12 kepala desa se kecamatan Tutar juga nampak duduk seratusan lebih masyarakat setempat. Ada duduk di bawah tenda yang telah disiapkan oleh pihak kecamatan namun sebagian pula duduk di bawah pohon. Mereka menyimak secara seksama setiap penjelasan dan arahan yang disampaikan oleh Pj Bahtiar. 

Saat Kades Baharuddin masih menyampaikan curhatnya, Pj Bahtiar nampak berbisik dengan Wakil Ketua DPRD Sulbar A.Rahim dan memanggil Asisten III Amujib. 

"Baik pak kades. Singkat saja. Tidak perlu menunggu tahun depan 2025. Setelah saya diskusi bersama pimpinan DPRD atas izin beliau maka Insya Allah tahun ini kita perbaiki. Seadanya saja. Nanti pemprov akan libatkan TNI melalui Karya Bakti TNI" ungkap Pj Bahtiar. 

Usai Bahtiar menyampaikan hal tersebut nampak seluruh warga ikut berdiri dan tepuk tangan. 

"Alhamdulillah" Teriak seluruh warga diiringi aplaus. Dan terlihat Kades Baharuddin langsung mendatangi Pj Bahtiar, Pj Bupati Polman dan Abdul Rahim sambil bersalaman. 

Sementara itu Abdul Rahim saat menutup silaturrahmi bersama warga Kecamatan Tutar mengatakan sebagai warga Sulbar kita harus berterima kasih sebesar besarnya kepada Pj Bahtiar Baharuddin.

"Pak Pj Bahtiar datang ke sini tanpa kepentingan apapun. Tetapi beliau ke sini karena pengabdian dan mau melihat warga Sulbar meningkat dan lebih sejahtera. Sebagai warga Sulbar kita apresiasi dan beri hormat kepada beliau" imbuh Rahim. 

"Bayangkan, baru kali ini Gubernur menganggarkan senilai 100 M untuk bantuan bibit tanaman hortikultura dan perikanan yang diterima langsung oleh masyarakat. Cukup KTP saja. Insya Allah kami dari DPRD memback up program ini" tandas anggota DPRD dapil Polman tersebut seraya menutup silaturrahmi yang berlangsung lebih dari tiga jam. (Rls)

Read 219 times
(0 votes)