20 Agu 2024

Bapperida Sulbar Gelar Lokakarya Penyusunan Roadmap PASTIPADU

 

Mamuju – Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Lokakarya Penyusunan Roadmap Penanganan Stunting Terpadu (PASTIPADU) di Aula Kantor Gubernur Sulbar pada Senin (19/8/2024).

 

Kegiatan dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Sulbar Amujib, dan dihadiri oleh Prof. Abdul Razak Thaha sebagai narasumber. Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Rahim, Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar Rezky Murwanto, dan Perwakilan dari Kepolisian Daerah Sulbar, Komando Resor Militer 142 Tatag, Tim Penggerak PKK Sulbar, BPKP Sulbar, Kanwil Kementerian Agama Sulbar, BPOM Mamuju, Politeknik Kesehatan Mamuju, Perangkat Daerah Lingkup Sulbar, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Satgas Stunting tingkat provinsi dan kabupaten se-Sulbar.

 

Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana menekankan, keterpaduan intervensi terhadap dukungan stunting perlu didukung dengan sebuah dokumen roadmap yang dapat dipedomani seluruh pemangku kepentingan.

 

“Dalam rangka mendukung keterpaduan intervensi penurunan stunting, maka diperlukan penyusunan sebuah dokumen roadmap sebagai pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan aksi intervensi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi yang lebih fokus dan tepat sasaran,” kata Junda.

 

Junda pun menjelaskan, pembahasan dalam lokakarya ini dibagi ke dalam 3 (tiga) desk, yaitu Desk Promotif dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), Desk Intervensi Sasaran, serta Desk Tata Kelola.

 

“Dengan lokakarya ini diharapkan dapat menghasilkan sinergi yang lebih kuat antara berbagai pemangku kepentingan, baik dari pemerintah, swasta, LSM, maupun masyarakat. Kolaborasi yang solid akan mampu mempercepat pelaksanaan program penanganan stunting secara terpadu di berbagai wilayah,” pungkasnya.

 

Selain untuk mendukung program prioritas Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Junda pun mengungkap roadmap ini nantinya menjadi bagian dari laporannya sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I (PKN Tk.I) pada Lembaga Administrasi Negara (LAN).

 

Merespon hal tersebut, penyusunan roadmap ini pun mendapat dukungan dari berbagai pihak, khususnya dari para peserta lokakarya yang hadir.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 98 times
(0 votes)