20 Agu 2024

Dukung Program Peduli Lingkungan Berbasis Ketahanan Pangan, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar : Miliki Potensi Besar Berkaitan Erat Upaya Mitigasi Bencana

 

Mamuju--Bertepatan dengan 17 Agustus 2024, genap 100 hari Bahtiar Baharuddin bekerja di Sulawesi Barat (Sulbar) sebagai Pj. Gubernur. Serangkaian aktivitas telah dilakukannya tiga bulan terakhir, salah satunya Program Peduli Lingkungan Berbasis Ketahanan Pangan yang berfokus pada penguatan kedaulatan pangan dan pelestarian lingkungan. 

 

Program ini dirancang untuk menjawab tantangan lingkungan serta memperkuat ketahanan pangan masyarakat Sulbar. Pj. Bahtiar dalam melaksanakan program, pentingnya sinergi antara pelestarian lingkungan dan ketahanan pangan sebagai fondasi bagi kesejahteraan masyarakat dan stabilitas daerah. Program ini bukan hanya tentang menjaga lingkungan, tetapi juga memastikan bahwa masyarakat memiliki akses yang cukup terhadap pangan, yang dihasilkan secara berkelanjutan dari alam yang lestari. 

 

Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar, Muhammad Yasir Fattah, turut mendukung Program Peduli Lingkungan Berbasis Ketahanan Pangan. 

 

Menurutnya, program tersebut memiliki potensi besar untuk berkaitan erat dengan upaya mitigasi bencana di daerah.

 

"Dengan ketahanan pangan yang baik dan lingkungan yang terjaga, kita tidak hanya memperkuat daya tahan masyarakat terhadap ancaman bencana alam, tetapi juga menjadikan program ini sebagai penyangga penting bagi Ibu Kota Negara (IKN) ke depan," kata Yasir Fattah, Senin 19 Agustus 2024.

 

Yasir Fattah menuturkan, program itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi risiko bencana yang dapat mengancam kehidupan mereka. 

 

"Dalam jangka panjang, inisiatif ini akan memainkan peran penting dalam menciptakan Sulbar yang lebih kuat, tangguh, dan berkelanjutan," ucapnya.

 

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk BPBD Sulbar, program ini siap untuk diimplementasikan di berbagai kabupaten di Sulbar, dengan harapan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam menghadapi tantangan global terkait lingkungan dan ketahanan pangan.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 117 times
(0 votes)