19 Agu 2024

Peringatan HUT RI ke-79 di Anjungan Pantai Manakarra, Kadispar Sulbar : Berdampak Positif Bagi Pelaku Ekraf

 

Mamuju--Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Darmawati Ansar, turut hadir pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-79 pada Sabtu, 17 Agustus 2024. 

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2024 rangkaian upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar dilaksanakan di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju. Demikain pula acara Malam Ramah Tamah juga mengambil tempat yang sama pada Sabtu malam.

 

Bagi Kadispar Sulbar, Darmawati, pelaksanaan rangkaian acara HUT RI tersebut menjadi berbeda karena dapat secara langsung disaksikan masyarakat Mamuju. Bahkan, lebih menariknya adalah ketersediaan ruang bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) memanfaatkan booth (stand) penjualan.

 

“Pelaksanaan di Anjungan Pantai Manakarra ini sangat menarik. Selain karena tempatnya lebih luas, yang paling menarik adalah ketersediaan ruang bagi para pelaku ekraf,” kata Darmawati.

 

“Cukup banyak booth penjualan tersedia dan semuanya dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk menjual produk, “sambungnya.

 

Darmawati berharap, ketersediaan tenant bagi pelaku ekraf menjadi ruang untuk memasarkan hasil-hasil produk mereka. Dengan demikian, HUT RI ke-79 oleh Pemprov Sulbar selain kesakralan pelaksanaan upacara juga telah berdampak langsung pada pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejateraan masyarakat khususnya pelaku usaha di industri ekraf Sulbar.

 

“Kita tentu berharap, kegiatan 17 Agustus di Anjungan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaku ekraf untuk memasarkan produk-produk usaha mereka. Dan dampaknya secara ekonomi dapat dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang berusaha pada sub sektor kuliner,” tuturnya.

 

Dia juga berharap, ke depannya jumlah pelaku ekraf yang terlibat bisa lebih banyak, dengan beragam sub sektor, baik kuliner, photografer, fesyen, kriya, sampai sub sektor penampil seni pertunjukan.

 

Ia menambahkan, selain pembangunan sektor kepariwisataan, Dispar mempunyai keterkaitan dengan berbagai usaha pembinaan dan pengembangan industri ekraf.

 

“Kami di Dispar itu punya keterkaitan dengan berbagai usaha pengembangan sektor ekraf. Di samping pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata Sulbar,“ tutupnya.

 

Penulis : Dispar Sulbar

Editor : humassulbar

Read 161 times
(0 votes)