15 Agu 2024

BKD Sulbar Berperan Aktif dalam Penyusunan Pedoman Manajemen SPBE

 

Mamuju–Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berpartisipasi dalam kegiatan penyusunan pedoman manajemen Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Sulbar bekerjasama dengan Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, pada Selasa 13 Agustus 2024.

 

Kegiatan ini berlangsung di Marasa Corner, Kompleks Kantor Gubernur Sulbar dan dihadiri oleh perwakilan pengelola SPBE dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Daerah (BPKPD).

 

Dalam kegiatan ini, Nanang dari UGM memberikan pemaparan mengenai pentingnya penyusunan pedoman SPBE yang efektif dan efisien. Pembahasan mencakup berbagai aspek penting, seperti manajemen aset TI, manajemen layanan, serta progres manajemen SDM dan manajemen pengetahuan. Peserta juga dilibatkan dalam diskusi aktif untuk memberikan masukan terkait penyusunan pedoman tersebut.

 

Sementara, Sekretaris BKD Sulbar, Suhamta menyampaikan bahwa penyusunan pedoman manajemen SPBE adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik. 

 

“Pedoman SPBE ini akan menjadi rujukan penting bagi seluruh perangkat daerah dalam menerapkan SPBE secara efektif dan efisien,” ujarnya.

 

Di tempat terpisah, Kepala BKD Sulbar, Bujaeramy Hassan menyatakan, kegiatan itu menunjukkan komitmen BKD dalam melakukan transformasi digital dalam pemerintahan. 

 

“Penyusunan pedoman SPBE ini merupakan langkah awal yang krusial untuk memastikan setiap perangkat daerah dapat beroperasi secara optimal dengan sistem yang terintegrasi dan berbasis elektronik,” kata Bujaeramy.

Dengan adanya pedoman ini, diharapkan proses pemerintahan di Sulbar akan semakin modern dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, serta mendukung upaya peningkatan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan.

 

Penulis : BKD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 84 times
(0 votes)