15 Agu 2024

Menjaga Ekosistem Laut Teluk Mamuju, Pj Bahtiar Sebar Artificial Reef

 

MAMUJU - Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin ikut menurunkan Artificial Reef atau rumpon buatan di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, Kamis, 15 Agustus 2024. Penurunan rumah buatan bagi ikan ikan di Teluk Mamuju tersebut sebagai rangkaian dari Hari Kemerdekaan RI dan Ulang Tahun Sulawesi Barat. Ikut menurunkan Rumpon yakni Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar, Kajati Sulbar Andi Darmawangsa, Komandan Lanal (Danlanal) Mamuju, Letkol Laut (P) Dedi Andriyatno serta Kepala BIN Sulbar. 

 

Danlanal Letkol Dedi mengatakan penurunan Artificial Reef tersebut merupakan upaya dari Angkatan Laut untuk memperhatikan dan peduli pada lingkungan khususnya wilayah perairan. Dengan harapan ikan ikan dapat memiliki "rumah" yang tak jauh dari pesisir sehingga memudahkan nelayan Sulbar untuk mendapatkan ikan. 

 

Sementara itu salam sambutannya, Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, Lanal Mamuju telah memberikan contoh kepada seluruh elemen masyarakat Sulbar akan pentingnya menjaga ekosistem laut.

 

"Kalau ini bisa kita bikin di seluruh pesisir pantai Sulbar, setahun ke depan ikan-ikan akan banyak di seluruh pesisir pantai. Sehingga warga kita, khususnya para nelayan tak perlu jauh-jauh lagi mencari ikan," kata Bahtiar Baharuddin.

 

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu juga mengungkapkan, penurunan karang buatan oleh Lanal Mamuju merupakan bagian dari kampanye untuk menjaga ekosistem ekonomi biru yang inklusif.

 

"Beberapa waktu yang lalu, kita lihat Korem juga sudah melakukan hal yang sama. Selain itu, dalam rangka ulang tahun Bhayangkara pak Kapolda dan jajaran juga sudah lakukan itu. Ini teman-teman kita TNI dan Polri sudah melakukan contoh yang baik. TNI dan Polri sudah bekerja melampaui panggilan tugas, melampaui kewajibannya. Mereka menjaga alam kita," pungkasnya.

 

Sementara itu, Danlanal Mamuju, Letkol Laut (P) Dedy Andriyatno mengucapkan terimakasih atas dukungan Pj Gubernur Sulbar beserta sejumlah pihak yang telah mensupport kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 tahun yang diselenggarakan pihaknya.

 

"Kita sudah melaksanakan pelepasan rumpon terumbu karang buatan, di mana tujuannya selain untuk memperbaiki ekosistem laut, bisa memberikan efek positif terhadap ekonomi masyarakat sekitar. Karang buatan ini dapat menarik ikan-ikan kecil, sehingga ikan kecil tadi adalah umpan ikan yang besar," ungkap Dedy Andriyatno. (Rls)

Read 212 times Last modified on Kamis, 15 Agustus 2024 13:05
(0 votes)