05 Jul 2024

Agendakan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana, BPBD Sulbar Koordinasi dengan BPBD dan PMD Mamasa

 

Mamasa--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan koordanasi dengan BPBD Mamasa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Mamasa dalam rangka pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana. 

 

Berlangsung Kamis 04 Juli 2024, koordinasi ini diwakili Penelaah Teknis Kebijakan Asrifin, serta Zulkarnain, dan Lola Firza Samiya Operator Pusdalops BPBD Sulbar. Sesuai rencana, pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana tersebut akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli ini.

 

Koordinasi awal dilakukan di BPBD Mamasa yang diterima langsung Kalaksa BPBD Mamasa, 

Gusti Harmiawan. Dalam pertemuan itu, Ia menyatakan akan mengkoordinasikan peserta serta memastikan kelancaran kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana. 

 

Gusti berharap, melalui kegiatan itu aparat desa setempat dapat diberikan edukasi dan pelatihan kebencanaan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan responsifitas terhadap bencana.

 

Koordinasi selanjutnya di Kantor PMD Mamasa. Dalam kesempatan itu, perwakilan dari BPBD Sulbar diterima Sekretaris Dinas PMD Mamasa, Kaharuddin. Di kantor tersebut koordinasi terkait permintaan narasumber untuk kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana. 

 

Sekretaris Dinas PMD Mamasa, Kaharuddin menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara BPBD dan PMD dalam menangani bencana di tingkat desa, sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, PDTT Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2021 tentang Panduan Penanganan Bencana di Desa.

 

Di tempat terpisah, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah mengatakan, kerja sama antara BPBD Sulbar, BPBD Mamasa, dan Dinas PMD Mamasa dalam kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 213 times
(3 votes)