01 Jul 2024

Peringatan Dini Cuaca dan Iklim Provinsi Sulbar Bulan Juli 2024

 

Mamuju- Berdasarkan surat Peringatan Dini Cuaca dan Iklim Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Periode Dasarian I Juli 2024 Tanggal 30 Juni 2024 oleh BMKG Wilayah IV Makassar, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah dalam keterangannya Senin 01 Juli 2024 menyampaikan, saat ini ENSO berada pada kondisi Netral (+0.17), dan diprediksi kondisi Netral berpotensi menuju La Nina mulai Periode Juli-Agustus-September (JAS) 2024. 

 

Sedangkan, kondisi IOD berada pada status netral, diprediksi IOD Netral akan berlangsung pada Periode Juli hingga Desember 2024. Hingga Dasarian III Juni 2024 terdapat ZOM (Zona Musim) yang telah memasuki musim kemarau meliputi Kabupaten Majene bagian Selatan dan Polewali Mandar bagian Barat sedangkan sisanya masih berada pada musim hujan.

.

Prakiraan Cuaca 10 Harian

a. Prakiraan Cuaca tanggal 01 - 03 Juli 2024 potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir terdapat di wilayah Kabupaten Pasangkayu (Baras, Sarjo), Mamuju Tengah (Seluruh Wilayah), Mamuju (Kalumpang, Bonehau, Kalukku), Mamasa (Seluruh Wilayah), Polewali Mandar (Tubbi Taramanu dan Polewali), Majene (Malunda, Ulumanda, Banggae Timur, Banggae, Tammerodo Sendana).

b. Prakiraan Cuaca tanggal 04 - 06 Juli 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di wilayah Kabupaten Majene (Malunda, Ulumanda, Tammerodo Sendana), Polewali Mandar (Seluruh Wilayah), Mamasa (Seluruh Wilayah).

c. Prakiraan Cuaca tanggal 07 - 10 Juli 2024 potensi hujan ringan terdapat di wilayah Kabupaten Mamasa (Seluruh Wilayah), Mamuju Tengah (Seluruh Wilayah), Pasangkayu (Seluruh Wilayah), Polewali Mandar (Seluruh Wilayah), Mamuju (Seluruh Wilayah).

 

Menurut Yasir Fattah, peringatan dini cuaca dan iklim sangat penting untuk mengantisipasi potensi bencana alam yang dapat terjadi di wilayah Sulbar. Dia menegaskan perlunya perhatian seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari.

 

BMKG Wilayah IV Makassar akan terus merilis informasi peringatan dini cuaca dan iklim untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat Sulbar dalam mengantisipasi bencana. Yasir Fattah mengajak semua pihak untuk mengakses informasi melaui situs resmi BMKG secara teratur.

 

 

Yasir Fattah menyatakan, Pusdalops BPBD Sulbar tetap melakukan pemantauan dan terus akan melakukan update data terkait kondisi cuaca dengan berkoordinasi dengan BMKG Wilayah IV Makassar.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 673 times
(116 votes)