29 Jun 2024

Audiensi DPKD Sulbar dengan Perpusnas RI, Perkuat Kolaborasi dan Sinergi dalam Pengembangan Perpustakaan di Sulbar

 

Jakarta–Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Khaeruddin Anas, melakukan audiensi dengan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), Adin Bondar, Rabu 26 Juni 2024. 

 

Pertemuan yang berlangsung di Jakarta ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dalam pengembangan Perpustakaan di Sulbar.

 

Dalam audiensi tersebut, beberapa topik strategis menjadi fokus utama pembahasan, antara lain pengembangan naskah kuno, optimalisasi Dana Alokasi Khusus (DAK), serta percepatan program akreditasi Perpustakaan di Sulbar.

 

Kepala DPKD Sulbar, Khaeruddin Anas menekankan pentingnya pelestarian dan digitalisasi naskah-naskah kuno yang memiliki nilai sejarah dan budaya tinggi di Sulbar. 

 

"Pelestarian naskah kuno adalah bagian dari upaya DPKD untuk menjaga kekayaan budaya dan sejarah Sulbar," ujar Khaeruddin Anas.

 

Khaeruddin Anas menuturkan, langkah itu diharapkan dapat menjaga warisan budaya sekaligus menyediakan akses lebih luas bagi masyarakat untuk mempelajari sejarah lokal. 

 

Untuk pembahasan terkait DAK difokuskan pada upaya peningkatan infrastruktur perpustakaan, pengadaan buku-buku berkualitas, serta peningkatan fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung perpustakaan. 

 

"Penggunaan DAK secara optimal sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan Perpustakaan di Sulbar," tegasnya.

 

Khaeruddin Anas optimis bahwa hasil dari audiensi tersebut akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan literasi di Sulbar. 

 

"Dengan dukungan dari Perpusnas RI, kami yakin dapat mewujudkan perpustakaan yang lebih inklusif, modern, dan berdaya guna bagi seluruh masyarakat Sulbar," tutupnya.

 

Strategi percepatan program akreditasi Perpustakaan di Sulbar juga menjadi agenda penting dalam pertemuan itu. 

 

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Adin Bondar, menekankan pentingnya akreditasi untuk memastikan perpustakaan di daerah dapat memberikan layanan yang berkualitas dan profesional.

 

"Akreditasi perpustakaan adalah langkah krusial untuk meningkatkan standar layanan perpustakaan di seluruh Indonesia, termasuk di Sulbar," kata Adin Bondar.

 

Adin Bondar, menyampaikan pengakuannya atas upaya dan komitmen DPKD Sulbar dalam mengembangkan perpustakaan dan meningkatkan budaya literasi di daerah tersebut.

 

Pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif dan dedikasi DPKD Sulbar dalam memperkuat layanan perpustakaan.

 

"Dukungan kami sepenuhnya akan terus mengalir untuk memastikan bahwa program-program yang dijalankan dapat berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat," ujarnya. 

 

Audiensi tersebut diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk memperkuat infrastruktur perpustakaan, meningkatkan kompetensi pustakawan, serta menciptakan program-program literasi yang inovatif dan berkelanjutan di Sulbar.

 

Penulis : DPKD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 260 times
(1 Vote)