24 Jun 2024

Kadis Perkebunan Sulbar Hadiri Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD atas Penjelasan Gubernur Sulbar terkait Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023

 

Mamuju--Kadis Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Herdin Ismail, turut hadir dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulbar, Senin 24 Juni 2024. Rapat ini diselenggarakan guna mendengarkan Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD atas Penjelasan Gubernur Sulawesi Barat terkait Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023.

 

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi dan dihadiri Sekprov Muhammad Idris, serta para anggota DPRD Sulbar maupun pejabat Pemprov Sulbar.

 

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, BPK sudah menyerahkan hasil pemeriksaan anggaran tahun 2023 ke DPRD Sulbar.

 

"Ini berkat kerja sama antara Pemprov dan DPRD, sehingga Sulbar kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-10 berturut-turut," kata Idris.

 

Ia menambahkan, APBD tahun 2023 yang disampaikan ini merupakan ketentuan dimana harus membuat apa hasil pemeriksaan BPK RI dan sudah memberikan opini kepada Pemprov.

 

"Penekanannya bagaimana menjadi sebuah dokumen politik atas pertanggungjawaban bagi kepala daerah. Makanya Perda yang kita buat diserahkan agar DPRD bisa memastikan sudah sesuai sebagai mitra Pemprov," tambahnya.

 

Ditemui usai kegiatan, Kadis Perkebunan Sulbar Herdin Ismail menyampaikan apresiasi atas terjalinnya diskusi yang konstruktif antara DPRD Sulbar, pemerintah daerah, dan stakeholder terkait dalam rapat hari ini. 

 

"Rapat Paripurna hari ini (Senin 24 Juni 2024) merupakan momentum penting untuk menjalin koordinasi yang lebih erat dalam mengimplementasikan program-program perkebunan di Sulbar," ujar Herdin.

 

Herdin menegaskan, sektor perkebunan memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekonomian lokal serta kesejahteraan petani di Sulbar. 

 

"Evaluasi yang dilakukan selama rapat akan menjadi landasan untuk memperbaiki kebijakan dan strategi ke depan guna menghadapi berbagai tantangan yang ada," ucapnya. 

 

Rapat Paripurna ini juga menunjukkan komitmen bersama untuk transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan APBD daerah. Herdin berharap, hasil rapat dapat memberikan arah yang jelas dalam upaya memajukan sektor perkebunan di Sulbar, sesuai dengan visi pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

 

Herdin menyatakan kesiapannya untuk terus berkolaborasi dengan semua pihak demi kemajuan Sulbar. 

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 128 times
(0 votes)