24 Jun 2024

Jadi Narasumber Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Angkatan VI, Inaldy Bawakan Materi Kebijakan dan Strategi BPBD Sulbar dalam Penanggulangan Bencana

 

Mamuju--Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Angkatan VI oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sedang berlangsung di Hotel Grand Putra Kabupaten Mamuju, Senin 24 Juni 2024.

 

Salah satu highlight dari pelatihan ini adalah pemaparan materi kebijakan dan strategi BPBD Sulbar dalam penanggulangan bencana, yang disampaikan oleh Inaldy L.S. Silang, Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda. Pemaparan materi dipandu oleh Nurdin sebagai moderator dari BPBD Sulbar. Adapun peserta pelatihan, terdiri Camat Kalukku, Kepala Desa/Lurah dan Aparat Desa Kalukku.

 

Dalam presentasinya, Inaldy L.S. Silang memaparkan secara komprehensif mengenai langkah-langkah strategis yang diambil oleh BPBD Sulbar dalam upaya pencegahan, mitigasi, dan penanganan bencana di wilayah tersebut.

 

Beberapa poin penting yang dibahas dalam materi tersebut meliputi:

1. Kebijakan terkini BPBD Sulbar dalam penanggulangan bencana. 

2. Strategi implementasi program pencegahan dan mitigasi bencana. 

3. Koordinasi antar lembaga dalam penanganan bencana. 

4. Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. 

5. Inovasi teknologi dalam sistem peringatan dini dan penanganan bencana. 

 

Para peserta sangat antusias dan memberikan apresiasi dalam mendengarkan paparan Inaldy L.S. Silang, dan berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan yang didapat dalam praktik nyata di masing-masing wilayahnya. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun budaya kesiapsiagaan bencana yang tangguh di tingkat kecamatan dan desa.

 

Di tempat terpisah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menyampaikan dengan diadakannya pelatihan itu dan kontribusi dari narasumber seperti Inaldy, diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat Sulbar dalam menghadapi berbagai potensi bencana.

 

"Pelatihan ini juga menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam upaya bersama mengurangi risiko bencana di Sulbar. Semoga pengetahuan yang diberikan dapat diimplementasikan secara maksimal untuk meningkatkan ketahanan bencana di tingkat kecamatan dan desa yang ada di Sulbar," kata Yasir Fattah. 

 

Yasir Fattah mengajak seluruh pemangku kepentingan di tingkat desa/kelurahan untuk bersinergi dan bekerjasama dalam membangun ketahanan bencana. 

 

"Dengan kolaborasi yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan ahli dalam bidang penanggulangan bencana seperti Inaldy, diharapkan Sulbar dapat menjadi lebih siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai potensi bencana," ujarnya.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 210 times
(2 votes)