14 Jun 2024

DPMPTSP Sulbar Dikunjungi Tim Itjen Kemendagri RI, Verifikasi Data Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

 

Mamuju–Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menerima kunjungan Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Itjen Kemendagri RI), Kamis, 13 Juni 2024.

 

Kunjungan Tim Itjen Kemendagri dipimpin Aroli Ridwan dan Maani. Hadir Tim Verifikator yang terdiri dari beberapa pejabat dan staf Kemendagri RI. Kedatangannya di Kantor DPMPTSP Sulbar dalam rangka verifikasi data pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

 

Mewakili Kepala DPMPTSP Sulbar Habibi Azis, PKPM Ahli Madya Satriawan Hasan Sulur menerima kunjungan itu dan menyampaikan apresiasinya atas kunjungan dan perhatian yang diberikan oleh Kemendagri RI. 

 

"Kami sangat menyambut baik kedatangan Tim Itjen Kemendagri RI. Kegiatan ini merupakan momentum penting bagi kami untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan serta akuntabilitas di lingkungan DPMPTSP Sulbar,” kata Satriawan.

 

Satriawan menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung program pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

 

Agenda kunjungan ini mencakup verifikasi data dan evaluasi terhadap berbagai aspek penyelenggaraan pemerintahan daerah, khususnya yang terkait dengan pelayanan investasi dan perizinan. Tim Itjen Kemendagri RI melakukan pemeriksaan dokumen, wawancara dengan pejabat terkait, serta observasi langsung terhadap proses pelayanan di DPMPTSP. 

 

Fokus utama verifikasi ini adalah memastikan bahwa semua prosedur dan kebijakan yang diterapkan telah sesuai dengan regulasi yang berlaku, serta untuk mendeteksi dan mencegah potensi penyimpangan.

 

Tim Itjen Kemendagri RI, Aroli Ridwan, dan Maani, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

 

Pihaknya berharap kunjungan itu dapat memberikan manfaat bagi DPMPTSP Sulbar dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Dan juga berharap dapat menemukan solusi bersama atas berbagai tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

 

Kunjungan verifikasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Itjen Kemendagri di berbagai provinsi di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap daerah mampu menjalankan fungsi pemerintahan dengan efektif, efisien, dan transparan, serta mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

 

Setelah kunjungan ini, diharapkan akan ada rekomendasi-rekomendasi yang konstruktif dari Itjen Kemendagri RI yang dapat diimplementasikan oleh DPMPTSP Sulbar untuk memperbaiki sistem dan meningkatkan kinerja. DPMPTSP berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan investor, sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulbar.

 

Penulis : DPMPTSP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 103 times
(0 votes)