11 Jun 2024

Kepala Bapperida Junda Maulana Harap Dukungan BRIN untuk Peningkatan Kompetensi Peneliti dan Pendampingan Inovasi di Sulbar

 

Mamuju-Dalam rangka membangun hubungan kerja sama dan kolaborasi, Pj. Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Bahtiar Baharuddin didampingi Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana menerima Audiensi Tim Riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Ruang Rapat Kantor Gubernur Sulbar, pada Senin (10/6/2024).

 

Pertemuan itu dihadiri pula Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sulbar, Muhtar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar Suyuti, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Sulbar, Bau Akram Dai, Kepala Biro Ekonomi Pembangunan Setda Sulbar, Hamdani Hamdi, dan Plt. Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Sulbar, Muh. Saleh, beserta Staf.

 

Ditemui usai pertemuan, Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana menyebut, kerja sama dan kolaborasi antara Pemerintah Sulbar dan BRIN penting, terutama dalam penyelenggaraan riset – riset pembangunan di Sulbar.

 

“Sesuai harapan Pj. Gubernur agar BRIN mengoptimalkan riset dan kajian potensi daerah, misalnya potensi perikanan di Pulau Bala-Balakang, potensi uranium, galian tambang, perkebunan, pertanian dan peternakan, serta kajian riset terkait kebencanaan dan lingkungan hidup, mengingat Sulbar adalah salah satu provinsi dengan Indeks Resiko Bencana tertinggi di Indonesia. Itulah yang kita bahas bersama hari ini (10/6/2024),” ucap Junda Maulana.

 

“Secara khusus Bapak Pj. Gubernur juga mengharapkan ada kajian riset di Pulau Balakang – Balakang dengan melihat potensi perikanan dan lokasinya yang strategis berada di kawasan terdepan dan dekat dengan lokasi IKN,” sambungnya.

 

Kepala Bapperida Sulbar berharap, dukungan BRIN untuk peningkatan kompetensi peneliti dan pendampingan inovasi di Sulbar.

 

Selain itu, juga berharap hasil – hasil riset yang dilakukan oleh BRIN dan Bapperida kedepannya dapat menjadi salah satu masukan dalam perencanaan pembangunan di daerah, terutama dalam konten dokumen perencanaan RPJPD, RPJMD, RKPD maupun dokumen perencanaan lainnya.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 128 times
(0 votes)