31 Mei 2024

Narasumber Dialog Halo Sulbar RRI Mamuju, Kepala Dinas TPHP Syamsul Ma’rif Jelaskan Program Pengembangan Pisang Cavendish

 

Mamuju – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Syamsul Ma’rif, menjadi salah satu narasumber dalam sebuah acara Dialog Halo Sulbar di Stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) Mamuju, Sulbar, Kamis (30/05/2024). 

 

Dialog yang dimulai Pukul 09.00 Wita tersebut membahas strategi konkret dalam melakukan pengembangan tanaman pisang Cavendish di Sulbar. 

 

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar berkomitmen untuk mengembangkan pisang Cavendish. Budidaya pisang Cavendish ini diinisiasi Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, untuk membangun Komoditas Hortikultura di Sulbar. 

 

Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif menjelaskan, pengembangan pisang Cavendish merupakan komoditas tambahan, artinya tidak menghilangkan jenis pisang yang sudah ada di Sulbar. Adapun komoditas lain yang sudah ada ditingkatkan, seperti pisang lokal, kakao maupun cengkeh. 

 

“Situasi di Sulbar, pisang-pisang lokal kita puluhan truk setiap hari dikirim dari Sulbar ke Kalimantan. Perhitungannya bahwa dalam 1 hektar bisa ditanam 1.300 pohon, 9 bulan panen, sehingga petani dalam 1 siklus bisa mendapatkan 60-77 juta. Sehingga Cavendish ini sangat potensial dikembangkan di sini (Sulbar red.),” ungkap Syamsul Ma’rif.

 

Syamsul Ma’rif menyampaikan, kedepan pisang Cavendish akan dimanage dari hulur sampai hilir, dari perencanaan budidaya, pendampingan, pengolahan pasca panen hingga pemasaran akan ditangani secara profesional.

 

“Kemudian akan dihadirkan offtaker yang akan memberikan branding terhadap produksi kita,” ujarnya. 

 

Ia menambahkan, Pj. Gubernur Sulbar meminta dipersipakan lahan untuk penyediaan bibit pisang dengan kultur jaringan melalui UPTD Dinas TPHP yaitu Balai Benih Hortikultura melalui Laboratorium Kultur Jaringan. 

 

“Pengembangan bibit pisang dengan memanfaatkan teknik kultur jaringan, sehingga dapat memperbanyak tanaman dengan lebih efisien,” tambahnya.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humassulbar

Read 92 times
(0 votes)