17 Mei 2024

Kepala DPKD Sulbar Hadiri Rakornas Bidang Perpustakaan 2024

 

Jakarta–Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Khaeruddin Anas, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). 

 

Acara ini berlangsung pada tanggal 14 hingga 15 Mei 2024 di Grand Mercure Jakarta dan dihadiri Kepala Perpusnas RI, Prof. E. Aminuddin Aziz beserta jajarannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia, dan juga berbagai undangan penting lainnya yang berperan dalam pengembangan literasi dan kearsipan di Indonesia.

 

Dalam sambutannya, Kepala Perpusnas RI, Prof. E. Aminuddin Aziz menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara perpustakaan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di era digital. 

 

"Rakornas ini merupakan wadah untuk berdiskusi dan merumuskan strategi bersama guna menghadapi tantangan di era digital. Perpustakaan harus mampu beradaptasi dan memberikan layanan yang inklusif dan mudah diakses oleh masyarakat," ujar Aminuddin Aziz.

 

Kepala DPKD Sulbar Khaeruddin Anas, dalam sesi diskusi, menyampaikan bahwa Sulbar sedang fokus pada pengembangan infrastruktur digital di perpustakaan daerahnya. 

 

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dengan mengadopsi teknologi digital. Langkah-langkah konkret yang telah kami lakukan termasuk menyediakan akses Wi-Fi gratis di perpustakaan dan memperluas koleksi buku digital," jelas Khaeruddin Anas.

 

Rakornas ini juga diisi dengan berbagai sesi diskusi, workshop, dan presentasi dari para ahli di bidang perpustakaan dan informasi. Para peserta mendapatkan wawasan dan pengetahuan terbaru mengenai inovasi layanan perpustakaan, pengelolaan arsip digital, serta strategi untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

 

Acara ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi konkret dan aplikatif untuk pengembangan perpustakaan di seluruh Indonesia. Kehadiran Kepala DPKD Sulbar dalam acara ini menunjukkan komitmen Sulbar untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam meningkatkan literasi masyarakat melalui perpustakaan yang lebih modern dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

 

Dengan adanya koordinasi dan kolaborasi yang baik antar perpustakaan di seluruh Indonesia, transformasi perpustakaan di era digital diharapkan dapat terwujud, mendukung terciptanya masyarakat yang lebih literat dan berdaya saing tinggi.

 

Penulis : DPKD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 318 times
(0 votes)