17 Mei 2024

Kepala Bapperida Sulbar Ajak Pemerintah di Wilayah Kasulampua Sinergi Topang dan Dukung Pembangunan IKN

 

Mamuju--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Junda Maulana mengajak seluruh pemerintah di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Kasulampua) bersinergi untuk menopang dan mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Itu disampaikan dalam rangkaian Pembukaan Kegiatan Konreg PDRB Kasulampua dan Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2024 di Ballroom Grand Maleo Hotel dan Convention Mamuju, Kamis (16/5/2024).

 

“Pemerintah dan pemangku kepentingan perlu memperhatikan beberapa aspek penting dalam mengintegrasikan Kasulampua sebagai bagian dalam pengembangan IKN,” kata Junda, saat menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan itu.

 

Menurut Junda, aspek tersebut antara lain :

1. Pembangunan infrastruktur transportasi dan konektivitas antar Kasulampua dan IKN yang baik untuk memastikan mobilitas yang lancar.

2. Pemberdayaan dan peningkatan sumber daya manusia di Kasulampua, melalui pelatihan dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan di IKN.

3. Pengembangan wilayah dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan agar tetap menjaga kelestarian alam dan kehidupan masyarakat lokal.

 

Kepala Bapperida Sulbar pun menyebut perlunya pendekatan yang holistik dan komprehensif dalam peningkatan pembangunan ekonomi di Kasulampua.

 

“Kita perlu memperkuat sinergi antar pemerintah daerah, akademisi, pelaku usaha dan masyarakat untuk mendorong pembangunan fondasi transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan melalui hilirisasi sumber daya alam, kekuatan riset dan inovasi serta meningkatkan produktivitas tenaga kerja di wilayah Kasulampua,”ucapnya.

 

“Selain itu, kita perlu mengembangkan strategi bersama untuk mengoptimalkan potensi masing – masing daerah dengan fokus pada sektor – sektor prioritas untuk menunjang IKN,” imbuhnya.

 

Penulis : Bapperida Sulbar

Editor : humassulbar

Read 112 times
(0 votes)