16 Mei 2024

Antisipasi Potensi Banjir, BPBD Sulbar Pantau Kondisi Sungai dan Sistem Drainase dengan Koordinasi ke Pemkab

 

Mamuju-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat (Sulbar) menyatakan kesiapannya dalam melakukan pemantauan dan berkoordinasi ke pemerintah kabupaten (pemkab) di Sulbar secara berkala, terhadap kondisi sungai dan sistem drainase di wilayahnya guna mengantisipasi potensi banjir akibat luapan sungai saat hujan lebat.

 

Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kesiapan menghadapi musim hujan yang kemungkinan membawa risiko banjir. 

 

"Kami akan terus memantau kondisi sungai dan sistem drainase secara rutin untuk memperoleh informasi yang akurat tentang potensi banjir, sehingga langkah-langkah mitigasi dapat segera dilakukan," kata Yasir Fattah, Rabu 15 Mei 2024.

 

Langkah-langkah pencegahan yang akan diambil oleh BPBD Sulbar yaitu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi mencegah banjir, termasuk melakukan pemantauan kondisi sungai dan saluran drainase. Selain itu, kerja sama dengan instansi terkait juga akan ditingkatkan untuk menjadikan upaya pencegahan banjir lebih efektif.

 

Yasir Fatta menegaskan, pentingnya peran serta masyarakat dalam upaya mitigasi bencana banjir. Olehnya itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan, melaporkan potensi bahaya banjir, dan mengikuti petunjuk evakuasi yang disampaikan oleh petugas terkait.

 

Dengan langkah-langkah preventif yang diambil oleh BPBD Sulbar, diharapkan potensi kerugian akibat banjir dapat diminimalkan dan keamanan masyarakat terjaga. BPBD Sulbar siap bekerjasama dengan semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang aman dari ancaman banjir.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 75 times
(0 votes)