14 Mei 2024

Penggunaan Layanan SPSE di Sulbar Tunjukkan Progres Menggembirakan

 

Mamuju--Penggunaan layanan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terus menunjukkan perkembangan yang positif. Berdasarkan data terbaru, jumlah akun pengguna SPSE yang aktif di tahun 2024 mencapai 827 akun. Angka ini mencerminkan komitmen pemerintah dan para pelaku pengadaan untuk mengadopsi sistem yang lebih transparan dan efisien.

 

Tidak hanya meningkat dalam jumlah akun, trafik atau akses ke SPSE juga mengalami peningkatan signifikan. Hingga triwulan pertama tahun 2024, total pengunjung SPSE mencapai 1,13 juta pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa platform ini semakin diminati dan diandalkan oleh berbagai pihak dalam proses pengadaan barang dan jasa di Sulbar.

 

Dari total 827 akun pengguna SPSE, terdapat 47 akun Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang mencakup 5% dari keseluruhan pengguna. Selain itu, terdapat 14 akun Pejabat Pengadaan yang mewakili 2%, dan 14 akun Kelompok Kerja (Pokja) yang juga mencakup 2%. Sementara itu, mayoritas pengguna SPSE berasal dari penyedia atau rekanan dengan jumlah 752 akun, yang mencakup 91% dari total pengguna.

 

Peningkatan jumlah pengguna dan pengunjung ini menunjukkan kepercayaan yang semakin besar terhadap SPSE sebagai alat utama dalam proses pengadaan di Sulbar. 

 

Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar, M. Yamin Saleh menyampaikan apresiasinya terhadap semua pihak yang telah mendukung penggunaan SPSE. 

 

"Ini adalah bukti bahwa digitalisasi pengadaan barang dan jasa di Sulbar berjalan dengan baik. Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pelatihan kepada para pengguna agar lebih memahami dan memanfaatkan SPSE secara optimal," kata M. Yamin Saleh, Selasa 14 Mei 2024.

 

Dengan terus meningkatkan akses dan partisipasi di SPSE, Sulbar diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengimplementasikan sistem pengadaan yang modern dan terpercaya.

 

Penulis : Biro PBJ Setda Sulbar

Editor : humassulbar

Read 64 times
(0 votes)