04 Mei 2024

BPKPD Sulbar Hadiri Rapat Koordinasi Perbaikan Layanan Pendidikan dengan Pemerintah Daerah

 

Jakarta Utara – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) yang diwakili Staf Bidang Anggaran dan Bina Kabupaten, Mas’ad dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Pejabat Fungsional Perencana, Nurhalia menghadiri Rapat Koordinasi Perbaikan Layanan Pendidikan dengan Pemerintah Daerah di Hotel Novotel Mangga Dua Jakarta Jalan Gn. Sahari No.1, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Kamis-Minggu, 2-5 Mei 2024.

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Bapak Dr. Iwan Syahril, Ph.D. Dalam sambutannya menekankan bahwa Pendidikan menjadi pilar utama dalam pembangunan akan tetapi untuk menjaga kualitas dan aksesibilitas pendidikan, diperlukan kolaborasi dan sinergi yang kokoh antara berbagai pihak termasuk pemerintah daerah. Kolaborasi dengan pemerintah daerah adalah kunci utama dalam memastikan layanan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi semua warga, baik dikota maupun di pedesaan dapat terlaksana.

 

Kegiatan Rapat Koordinasi Perbaikan Layanan Pendidikan dengan Pemerintah Daerah bertujuan untuk :

1. Memberikan pemahaman kepada Pemerintah Daerah tentang karakteristik sekolah berkualitas dan upaya peningkatan kualitas layana pendidikan yang berkelanjutan sebagai strategi untuk mencapainya.

2. Memberikan pemahaman kepada Dinas Pendidikan, Bappeda dan BPKPD dalam pemanfaatan rapor pendidikan dan PBD di dalam pemenuhan SPM Pendidikan.

3. Melakukan sinkronisasi SPM Pendidikan dengan dokumen perencanaan daerah.

 

Dengan adanya upaya dukungan pemerintah daerah dalam pencapaian SPM akan membantu satuan pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanannya, dalam mendukung ketercapaian SPM pendidikan sehingga jumlah satuan pendidikan yang meningkatkan kualitas layanannya semakin banyak serta menjadikan capaian indikator dan indeks SPM pendidikan meningkat.

 

Sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Provinsi sulawesi Barat, Masriadi menuturkan BPKPD Provinsi Sulbar berkomitmen kolaborasi dengan pemerintah daerah dimana ini adalah kunci utama dalam memastikan layanan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi semua warga, baik dikota maupun di pedesaan dapat terlaksana terkhusus untuk provinsi Sulawesi Barat itu sendiri.

 

Penulis : BPKPD

Editor : humassulbar

Read 252 times
(0 votes)