02 Mei 2024

Koordinasi Dinas TPHP Sulbar-Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, Bahas Isu Terkini dan Permasalahan Melalulintaskan Hewan

 

MAMUJU –Dalam rangka mengantisipasi terjadinya penumpukan antrian penyeberangan ternak yang akan keluar wilayah Sulawesi Barat (Sulbar), khususnya ke wilayah Kaltim, Kalsel dan Kaltara, maka Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Sulbar melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan bersama dengan Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulbar melakukan koordinasi dan sinkronisasi terkait isu terkini dan permasalahan yang terjadi dalam melalulintaskan hewan maupun produk asal hewan.

 

Koordinasi dan sinkronisasi berlangsung di Kantor Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulbar, Selasa, 30 April 2024.

 

Pertemuan ini dihadiri Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Sulbar Nur Kadar, Kepala UPTD Laboratorium Veteriner dan Mutu Pakan DTPHP Sulbar Sahida beserta jajaran serta Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulbar Umar bersama jajaran.

 

Beberapa hal penting dibahas dalam pertemuan ini, yaitu mengenai persyaratan pengeluaran ternak serta pengujian laboratorium untuk memastikan ternak yang akan dikeluarkan merupakan ternak yang benar-benar sehat. 

 

Dalam diskusi yang berkembang, Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulbar Umar berharap, adanya sinkronisasi data Surat Keterangan Kesehatan Hewan dan Sertifikat Veteriner yang telah keluar dari Sulbar, sehingga dapat dipastikan bahwa ternak yang keluar telah melalui proses yang resmi dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Sulbar, Nur Kadar menyampaikan, Dinas TPHP bersama Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulbar berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan terbaik dan tercepat kepada pedagang, sehingga pedagang mendapatkan pelayanan pengujian maksimal, mengingat kini tengah terjadi penumpukan sampel di Balai Besar Veteriner Maros. Oleh karena itu, Balai Karantina juga mengharapkan untuk terus dilakukan koordinasi baik secara langsung maupun via telepon guna percepatan pelayanan dan mencari solusi terbaik untuk kita semua tanpa mengesampingkan aturan yang berlaku.

 

“Kami telah melakukan upaya untuk pengujian sampel di Balai Veteriner Banjarbaru dan Balai Besar Veteriner Denpasar, Bali untuk mencegah penumpukan pengujian sampel,” ungkapnya.

 

Dihubungi terpisah, Kadis DTPHP Sulbar Syamsul Ma’rif berharap hubungan baik yang telah terjalin antara Dinas TPHP dan Balai Karantina Sulbar terutama mengenai lalu lintas ternak agar selalu dapat memberikan solusi-solusi terbaik bagi semua pihak terutama bagi para pengguna jasa.

 

Penulis : Dinas TPHP Sulbar

Editor : humasulbar

Read 181 times
(0 votes)