05 Apr 2024

Menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2024: BPBD Provinsi Sulawesi Barat Gelar Simulasi Penanganan Gempa Bumi

 

Mamuju -- Dalam rangka menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh pada tanggal 26 April 2024, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat akan melaksanakan Gladi/Simulasi Penanganan Penyelamatan Bencana Gempa Bumi. Simulasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024 di Lingkungan Perkantoran Gubernur Sulawesi Barat.

 Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Yasir Fattah mengatakan, bahwa simulasi ini merupakan tindak lanjut dari arahan Pj Gubernur Sulawesi Barat , Prof Zudan Arif Fakrulloh dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi bencana dan sekaligus menyongsong HKBN (Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional) pada tanggal 26 April 2024. "Puncak peringatan HKBN di Provinsi Sulawesi Barat akan dilaksanakan di Kabupaten Mamuju Tengah pada akhir bulan April 2024.

Pada Puncak Pelaksanaan HKBN di Sulawesi Barat ini akan di laksanakan beberapa kegiatan menarik, antara lain Lomba Pasang dan Bongkar Tenda Pengungsi serta Lomba Cerdas Cermat Kebencanaan yang melibatkan BPBD se-Sulawesi Barat. Tidak hanya itu, BPBD Kabupaten Mamuju Tengah juga akan menampilkan simulasi bencana sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HKBN," kata Yasir Fattah

Kegiatan akan ditutup dengan Apel Kesiapsiagaan Bencana yang melibatkan berbagai unsur, termasuk TNI, Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta para relawan kebencanaan. Hal ini menunjukkan komitmen dan sinergitas semua pihak dalam mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana di Provinsi Sulawesi Barat.

 

Penulis : BPBD

Editor : humassulbar

Read 877 times
(0 votes)