21 Mar 2024

Tindak Lanjut Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas TIM STDB, Disbun Sulbar Sosialisasikan STDB dan Pendataan Pekebun Kakao di Aralle

 

Mamasa--Sebagai tindak lanjut pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas TIM STDB yang telah dilaksanakan pekan sebelumnya 13-14 Maret 2024 di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (PPHP) Dinas Perkebunan (Disbun) Sulawesi Barat (Sulbar) Hermanto beserta Tim Teknis melakukan Sosialisasi STDB Kakao dan Pendataan Pekebun Kakao di Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa, Selasa 19 Maret 2024. 

 

Maksud dan tujuan STDB Kakao adalah mewujudkan tata kelola perkebunan berkelanjutan, mewujudkan ketertelusuran, menghimpun data kepemilikan kebun rakyat dan informasi pendukung lainnya, serta persyaratan ISPO Pekebun. 

 

Pelaksanaan Sosialisasi STDB Kakao dan Pendataan Pekebun Kakao yang dilaksanakan Disbun Sulbar di Kecamatan Aralle tersebut merupakan tahapan kedua dan ketiga dari enam tahapan Penerbitan STDB Kakao berdasarkan Revisi Kepdirjenbun Tahun 2018.

 

Untuk Tahun Anggaran 2024, Disbun Mamasa mendapat target 500 STDB Kakao dan tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Mamasa, yaitu Tabulahan 200 target, Bambang 200 target dan Aralle 100 target. 

 

Menurut Kabid PPHP Disbun Sulbar Hermanto, STDB menjadi suatu keharusan agar lahan pekebun dapat diketahui dan terdata di wilayahnya. 

 

"STDB merupakan salah satu modal bagi pekebun saat menjual hasil panen maupun mengembangkan usaha, karena dapat menjadi salah satu bukti administrasi legal untuk mendorong peningkatan mutu tanaman sebab mencantumkan posisi lahan pekebun, kualitas benih sampai pada hasil panen," kata Hermanto.

 

Disampaikan, untuk mengatur dan sebagai tata kelola pengembangan perkebunan milik pekebun, pemerintah memerlukan STDB sebagai dasar untuk menetapkan berbagai kebijakan usaha perkebunan bagi pekebun. 

 

"Tahapan ini harus segera dilaksanakan agar kegiatan Penerbitan STDB di Kabupaten Mamasa dapat segera terlaksana mencapai target yang telah dialokasikan," ujarnya.

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 359 times
(0 votes)