05 Mar 2024

Kesiapan Porprov 2026 di Mateng, Dispora Sulbar Temui Kemenpora

Jakarta -- Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke V Tahun 2026 bakal dipusatkan di Kabupaten Mamuju Tengah. 

 

Sebagai daerah otonomi baru (DOB) di Sulbar, Mamuju Tengah hingga saat ini memang masih minim fasilitas, sarana dan prasarana olahraga untuk mendukung Porprov ke V tersebut.

 

Karena itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi, belum lama ini menemui pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

 

Kadispora yang didamping Kepala Bidang PPLP, Muhammad Sabir, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Agus, Kepala Bidang Layanan Kepemudaan, Karnoto dan staf Dispora, Ruslan, diterima oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga bersama sejumlah jajaran dan staf Kemenpora.

 

"Salah satu agenda kami menemui Pak Deputi Kemenpora adalah untuk menyampaikan persoalan Porprov V 2024 yang akan dipusatkan di Mateng," kata Safaruddin Sanusi DM, Selasa (5/3/24).

 

Safaruddin mengaku telah mengajukan usulan untuk berbagai bantuan seperti pembangunan Sarpras dalam rangka mendukung pelaksanaan Porporv 2026 mendatang.

 

"Dan kami sampaikan ke Pak Deputi bahwa Sarpras olahraga di Mateng belum ada. Kita sudah mengajukan, dan direkomendasikan ke Menteri PUPR seperti pembangunan stadion sepak bola dan sebagainya," ungkapnya. 

 

"Selain itu, kita ajukan kebutuhan untuk olahraga yang masuk dalam DBON (Desain besar olahraga nasional), seperti ring tinju misalnya. Janjinya kita akan disupport Kemenpora," tambahnya.

 

Tak hanya itu, lanjut Safaruddin, Kemenpora juga akan mendukung Porporv dengan menyiapakan dan mengirim wasit untuk sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

"Jadi Kemenpora itu siap untuk mensupport kebutuhan SDM misalnya untuk wasit kita akan disupport oleh Kemenpora. Jadi ini semua atas arahan dari bapak Pj Gubernur Sulbar sehingga kita menghadap ke Kemenpora. Intinya apa yang kita lakukan semuanya sebagai bentuk bekerja keras untuk menyukseskan Porprov," ujarnya. 

 

Safaruddin berharap agar event besar olahraha Porprov ke V 2026 ini dapat berjalan dengan support dan bantuan optimal dari berbagai pihak, baik Kemenpora, DPRD, pihak swasta dan sebagainya.

 

"Kita berharap Sulbar sebagai daerah baru maka kita minta Kemenpora perhatian serius. Karena kalau APBD kita tentu sangat terbatas. Selain itu juga dari pihak swasta kita butuh dukungannya," harap mantan Kepala Biro Umum Setda Sulbar ini.

 

Sebelumnya, dalam rapat bersama antara Pemprov Sulbar, Pemkab Mateng, DPRD Provinsi dan DPRD Mateng, Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris menyampaikan, kebutuhan anggaran untuk Porprov 2026 mencapai Rp 130 Miliar. 

 

"Itu untuk kebutuhan pembangunan venue, stadion, Gedung Olahraga, kolam renang dan Lapangan Tembak. Itu semua telah disepakati dalam pembahasan secara bersama-sama unsur terkait," pungkas Muhammad Idris.

Read 454 times Last modified on Selasa, 05 Maret 2024 23:00
(0 votes)